Dibangun Bandara, Ekonomi Kediri Terdongkrak?

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 15 Feb 2020 20:30 WIB
Menhub Budi Karya memantau pergerakan pesawat di runway 3 Bandara Soekarno-Hatta (Soetta). Runway ini diresmikan oleh Jokowi pada Kamis (23/1) lalu.
Foto: Pradita Utama/Ilustrasi Bandara
Kediri -

Menteri Sekretaris Kabinet Pramono Anung optimistis kehadiran Bandara Kediri, Jawa Timur bisa mendongkrak perekonomian daerah tersebut dan sekitarnya.

Bandara Kediri direncanakan mulai dibangun pada April 2020. Target pembangunannya selama dua tahun atau rampung pasa April 2022.

"Kalau Kediri punya bandara baru, maka ini akan sangat bermanfaat bagi pertumbuhan ekonomi di Kediri," kata Pramono di Pendopo Pemkab Kediri, Jawa Timur, Sabtu (15/2/2020).

Tidak hanya Kediri, dikatakan Pramono kehadiran bandara juga berdampak positif bagi perekonomian wilayah sekitarnya.

"Baik di Blitar, Tulungagung, Nganjuk, Kertosono, bahkan Jombang itu akan lebih dekat dengan Bandara Kediri. Kalau ini bisa dibangun maka Kediri jadi sentra pertumbuhan ekonomi baru," tegasnya.

Dia menceritakan, proyek Bandara Kediri merupakan hasil inisiasinya. Saat ini pemerintah masih mengebut proses pembebasan lahan yang sudah mencapau 98,4% atau menyisakan sekitar 1,5 hektar dari total kebutuhan lahan seluas 450 hektar.

"Mudah-mudahan ini tinggal sedikit pembebasan lahan. Kita bisa segera bisa mulai membangunnya. Tadi Menhub menyampaikan kepada saya, kalau dimulai pada tahun ini, kemungkinan 2022 selesai," ungkap dia.



Simak Video "Pihak Soetta soal Keramaian di Foto Viral: Tak Sampai 1.500 Orang"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/fdl)