Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 09:58 WIB

Disaksikan Anies, Kontrak Proyek MRT HI-Kota Diteken

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
MRT HI-Kota Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Setelah tersambung dari Lebak Bulus ke Bundaran HI, pengembangan jalur Moda Raya Terpadu (MRT) terus dikebut. Kini proyek MRT fase II akan segera dimulai, menyambungkan Bundaran HI menuju Kota.

Untuk itu hari ini PT MRT Jakarta melakukan penandatanganan Paket Kontrak dengan konsorsium Shimizu-Adhi Karya JV (SAJV) sebagai kontraktor untuk menggarap fase II paket CP201. Penandatanganan juga disaksikan oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Dirut PT MRT Jakarta William Syahbandar mengatakan bahwa paket CP201 merupakan pembangunan terowongan dan jalur MRT bawah tanah yang menghubungkan Bundaran HI sampai Harmoni.

"Ini adalah peristiwa penting menandai dimulainya pekerjaan konstruksi pembangunan terowongan dan stasiun bawah tanah dari Bundaran HI menuju ke Kota. Dimulai dengan pembangunan terowongan dari Bundaran HI ke Harmoni," ungkap William di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta Pusat, Senin (17/2/2020).

Masih di paket CP201, William juga mengatakan bahwa paket ini akan membangun dua stasiun, yaitu Stasiun Thamrin dan Monas.

"Kontak CP201 melingkupi pekerjaan pembangunan dua stasiun bawah tanah yaitu stasiun Thamrin dan stasiun Monas," kata William.

Targetnya, pembangunan akan dimulai bulan Maret dan selesai Desember 2024 paket ini akan selesai dibangun. Untuk terowongannya sendiri panjangnya 2,8 km dari Bundaran HI ke Harmoni.

"Pembangunan terowongan ini sepanjang 2,8 km dari HI ke Harmoni. Dengan target penyelesaian proyek Desember 2024," ungkap William.

Pembangunan MRT fase II ini diawali sejak Maret 2019 lalu dengan menggarap paket CP200, yang kini sudah selesai dibangun sejak September lalu. CP200 sendiri adalah pembangunan gardu induk MRT fase II di Monas, dengan membuat dinding diafragma untuk gardu tersebut.

Sebagai informasi, MRT rute Bundaran HI-Kota membentang sepanjang 5,8 kilometer. Rute ini dilengkapi 7 stasiun bawah tanah mulai dari Sarinah, Monas, Harmoni, Sawah Besar, Mangga Besar, Glodok dan Kota. Selain itu hanya butuh waktu 45 menit menuju Kota dari Lebak Bulus dengan headway cuma lima menit.



Simak Video "Geger Corona, Pendeteksi Suhu Akan Dipasang di Stasiun MRT"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com