Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 17 Feb 2020 20:05 WIB

Tinjau Longsor Cipularang, Basuki Pastikan Jalan Tol Aman Dilalui

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Basuki Hadimuljono Foto: Herdi Alif Al Hikam
Jakarta -

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono meninjau lokasi tanah di pinggir Tol Cipularang Km 118+600 yang mengalami longsor. Basuki datang ke lokasi longsor sekitar pukul 17.45 WIB.

Pertama dia meninjau longsor yang terjadi di samping kiri jalur tol Cipularang dari Jakarta ke Bandung. Kemudian, dia menyebrang untuk meninjau lokasi longsor di samping tol Cipularang dari Bandung ke Jakarta.

Basuki memastikan bahwa jalan tol akan tetap bisa dilewati dan tetap aman. Dia mengatakan safety factor jalan tol Cipularang tidak berkurang karena peristiwa ini. Dia mengatakan untuk jalur Jakarta ke Bandung alias jalur A tol Cipularang longsor terjadi cukup jauh dari badan jalan.

"Oh ya masih, aman. Semua ada safety factornya. Ini tidak kurangi safety factor dari jalan. Yang di sana (jalur A) masih jauh," ujar Basuki di Jalan Tol Cipularang, Jawa Barat, Senin (17/2/2020).

Kemudian untuk jalur B alias jalur dari Bandung ke Jakarta memang longsor terjadi dekat badan jalan tapi dia mengatakan akan segera ada penanganan agar longsor tak melebar.

"Di sini (jalur B) agak mepet (longsornya). Tapi akan segera kita tangani. Nanti penanganannya itu penguatan tebingnya dengan terasering, apakah dengan sheet pile atau bronjong," ungkap Basuki.

Basuki menyarankan agar kendaraan berat untuk sementara dilarang melewati jalur tol Cipularang terlebih dahulu, khususnya pada KM 118+600 di mana kejadian longsor terjadi. Dia menyebut akan melakukan koordinasi dengan Korlantas Polri mengenai hal ini.

"Lebih baik kalau mau safe kendaraan berat sementara direroute dulu. Nanti kami sama pak Korlantas, akan kami koordinasikan," pungkas Basuki.



Simak Video "Menteri Basuki Hibur Tamu di ITB di Sela Pemberian Doktor Kehormatan"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com