PLBN Sota di Merauke Siap Diresmikan Jokowi

Kadek Melda Luxiana - detikFinance
Rabu, 19 Feb 2020 15:48 WIB
Kementerian PUPR akan selesaikan pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Sota di Papua akhir tahun 2019. Ini penampakannya.
PLBN Sota/Foto: Dok. Kementerian PUPR
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mendatangi kantor Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan HAM (Polhukam) Mahfud Md. Di sana, Basuki melaporkan pembangunan 11 Pos Lintas Batas (PLBN) tahap dua.

Basuki mengatakan Mahfud berperan sebagai koordinator pengawasan pembangunan PLBN. Dari pembangunan 11 PLBN tersebut, kata Basuki, ada satu yang sudah siap diresmikan.

"Menerima laporan progres dari pembangunan tahap dua 11 PLBN dari yang satu, yang Sota di Merauke. Dari 11 satu yang selesai karena memang dibangun sebelum 2019, yang lainnya baru mulai 2020. Yang satu sudah selesai Sota nah ini Menteri Polhukam mau melaporkan kepada presiden kesiapan untuk dapat diresmikan," kata Basuki di kantor Kemenko Polhukam, Jakarta Pusat, (19/2/2020).

Basuki mengungkapkan, selain Sota, 10 PLBN lain masih dalam proses pembangunan. Ada juga yang masih proses lelang.

"Satu yang baru selesai yang di Sota ini (dari 11 PLBN) yang lainnya 4 sudah kontra, 5 dalam proses lelang, yang 1, yang di Oepoli ini yg masih menunggu kesepakatan batas antara Menlu kita dengan Timor Leste," katanya.

Basuki mengatakan, dirinya juga lapor ke Mahfud soal evaluasi pemanfaatan 7 PLBN tahap pertama.

"Ini sudah ada laporan tadi dari deputi Menko Polhukam, menteri Polhukam minta semua sekarang mengevaluasi supaya maksimal pemanfaatannya, rumah-rumah dinas pegawai nya terutama pasarnya tadi udah dilaporkan beberapa," tuturnya.



Simak Video "Kaget Tarif Tol Naik, Menteri PUPR Telepon Kepala BPJT"
[Gambas:Video 20detik]
(fdl/fdl)