Follow detikFinance Follow Linkedin
Jumat, 21 Feb 2020 09:55 WIB

Melihat Progres 3 Bendungan Prioritas Jokowi di Aceh

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sebanyak sembilan bendungan yang dibangun oleh Kementerian PUPR ditarget rampung pengerjaannya tahun ini. Kesembilan bendungan ini merupakan bendungan yang dibangun sejak tahun 2015. Ilustrasi/Foto: Dok.Kementerian PUPR
Aceh -

Pemerintah membangun tiga bendungan di Aceh yang masuk menjadi proyek strategis nasional (PSN) Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Aceh. Sebanyak dua bendungan di antaranya sudah masuk proses konstruksi, satu sisanya sedang menunggu sertifikasi desain untuk memulai pembangunan.

Kepala Balai Wilayah Sungai (BWS) Sumatera I Kementerian PUPR Djaya Sukarno menyebutkan tiga bendungan tersebut adalah Bendungan Keureuto, Rukoh, dan Tiro.

"Secara garis besar proyek SDA (sumber daya air) yang besar-besar itu kita ditugaskan membangun beberapa proyek PSN. Itu terdiri dari tiga bendungan yaitu Bendungan Keureuto di Aceh Utara, Bendungan Rukoh dan Tiro di Pidie," kata Djaya di bilangan Panglima Polem, Banda Aceh, Kamis (20/2/2020).

Djaya menyebutkan yang paling jauh pembangunannya adalah Bendungan Keureuto. Progress konstruksinya sendiri sudah mencapai 70% dengan target selesai pembangunannya pada 2021.

"Untuk Bendungan Keureuto itu 70%. Kami tergetkan 2021 selesai untuk Keureuto," ungkap Djaya.

Bendungan Keureuto membendung Sungai Krueng Keureuto yang memiliki 6 anak sungai sebagai penyebab utama banjir pada daerah Lhoksukon. Memiliki kapasitas tampung 215 juta meter kubik. Untuk mengurangi banjir, bendungan ini membuat tampungan khusus banjir sebesar 30,50 juta m3.

Selain banjir, bendungan ini juga mampu mengairi 9.240 hektar saluran irigasi, yang dialirkan melalui daerah irigasi Alue Ubay dan Pasee Kanan. Selain itu bendungan ini juga bisa digunakan untuk menjadi pembangkit listrik hingga 6 megawatt.

"Di samping itu bisa buat tenaga listrik, kami sudah bangun kanal listriknya. Bisa untuk micro hydro sekitar 6 megawatt," sebut Djaya.

Melihat Progres 3 Bendungan Prioritas Jokowi di Aceh

Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com