Sudah 4 Tahun, Progres Pembangunan Kereta Cepat JKT-BDG Baru 43%

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 21 Feb 2020 15:04 WIB
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Rabu (31/7/2019). Kereta cepat ini ditargetkan beroperasi di 2021.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra menyampaikan progres pembangunan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) sudah 43,45% hingga saat ini. Proyek tersebut ditargetkan rampung 2021.

"Progres kita saat ini sudah 43,45%" kata Chandra ditemui usai rapat koordinasi mengenai progres pembangunan kereta cepat, di Kantor Kemenko Kemaritiman dan Investasi, Jakarta Pusat, Jumat (21/2/2020).

Sementara pembebasan lahan tinggal menyisakan satu bidang tanah. Itu akan diselesaikan pada pekan depan.

"Tinggal satu bidang saja (yang belum). Mungkin minggu depan sudah selesai," sebutnya.

Saat ini, pembangunan fisik proyek sedang dikerjakan di seluruh titik. Pihaknya terus menggenjot agar masing-masing titik tersambung dengan baik.

"Jadi sekarang PR (pekerjaan rumah) kita adalah bagaimana menyambung jangan berhenti. Jadi balok yang diangkat sudah banyak, di Cikarang, yang di Bandung juga sudah," jelasnya.

Chandra tak menjanjikan apakah begitu proyek kelar di 2021 maka akan beroperasi di tahun yang sama. Hal itu karena pihaknya juga harus memastikan aspek keselamatan.

"Jadi gini, kita maksimalkan sekarang konstruksinya dulu jadi di 2021. Setelah itu kan sertifikasi, yang kita masih belum tahu fix-nya nanti berapa lama itu masalah sertifikasi, sampai kita layak operasi. Kenapa? kita angkut orang, keselamatan nomor satu. Jadi kita nggak mau coba-coba," tambahnya.



Simak Video "Proyek Kereta Cepat Disetop, Tapi di Tegalluar Masih Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/fdl)