Pelindo III Resmikan Tempat Melasti Seluas 1,1 H di Pelabuhan Benoa

Reyhan Diandri Gi - detikFinance
Minggu, 23 Feb 2020 19:29 WIB
Pelindo
Foto: Pelindo III
Jakarta -

PT Pelindo III (Persero) telah meresmikan tempat upacara Melasti di kawasan Pelabuhan Benoa, Bali. Direktur Utama Pelindo III Doso Agung mengatakan peresmian ini merupakan salah satu bentuk kepedulian perusahaan dalam memenuhi kebutuhan masyarakat saat menjalankan ibadah keagamaan maupun upacara adat.

"Pelindo III terus berupaya untuk hadir tidak hanya dalam meningkatkan perekonomian Bali namun juga bisa hadir dalam berbagai kebutuhan sosial masyarakat Bali. Dan semoga dengan kami sediakan lokasi melasti ini, warga desa adat sekitar khususnya warga desa Pedungan bisa lebih khitmad dalam menjalankan ibadah," tegas Doso dalam keterangan tertulis, Minggu (23/2/2020).

Doso menambahkan Pelabuhan Benoa Baru akan mengakomodir kemajuan teknologi dengan pedoman 'Nangun Sat Kerthi Loka Bali' yang berarti menjaga kesucian dan keharmonisan Bali beserta isinya.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Bali I Wayan Koster menyampaikan terima kasih kepada Pelindo III karena sudah memberikan perhatian kepada masyarakat Bali tidak hanya pada sisi ekonomi namun juga di sisi sosial.

"Dengan membangun area melasti tersebut, kami berharap masyarakat Bali bersama bersama dengan Pemerintah setempat, bisa terus bersinergi dengan Pelindo III guna memajukan wialyah Bali," ujar Wayan.

Wayan berpesan supaya Pelabuhan Benoa bisa menjadi pelabuhan terindah di dunia maka perlu adanya dukungan dari seluruh masyarakat di sekitar sana. Ia juga mengatakan pembangunan dan penataan Pelabuhan Benoa yang terintegrasi utuh ini, telah disetujui oleh 10 kementerian pada 13-14 Februari 2020.

"Saya meminta kepada seluruh masyarakat Bali, dukung pengembangan Pelabuhan Benoa. Karena pembangunan ini tidak hanya untuk sarana ibadah, namun juga akan berpengaruh terhadap pendapatan asli daerah Denpasar. Jadi ini untuk kepentingan bersama, baik masyarakat, Pemerintah Daerah, dan Pelindo III," pungkas Wayan.

Sebagai informasi, upacara melasti merupakan upacara pensucian diri untuk menyambut hari raya seluruh umat Hindu di Bali. Dengan hadirnya tempat upacara seluas 1.1 hektare tersebut, Pelindo III telah mengakomodir tempat ibadah sekitar 20 ribu umat Hindu di sekitar Pelabuhan Benoa, serta memenuhi kebutuhan air untuk prosesi upacara penghanyutan abu jenazah dalam upacara pemelastian.



Simak Video "Kehabisan Tiket, Ratusan Penumpang di Pelabuhan Parepare Telantar"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)