Follow detikFinance Follow Linkedin
Senin, 24 Feb 2020 07:24 WIB

Siap-siap! Kereta Cepat JKT-BDG Kelar Tahun Depan

Anisa Indraini - detikFinance
Proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (JKT-BDG) saat ini sedang dalam tahap pembangunan, Rabu (31/7/2019). Kereta cepat ini ditargetkan beroperasi di 2021. Siap-siap! Kereta Cepat JKT-BDG Kelar Tahun Depan. Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meninjau proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB), Minggu (23/2/2020) kemarin. Budi Karya mengunjungi titik proyek pembangunan tunnel (terowongan) 4 di daerah Sukajaya dan Malangnengah, Purwakarta, Jawa Barat.

Usai meninjau proyek, Budi Karya mengatakan pembangunan proyek KCJB bisa rampung tahun depan dan bisa langsung beroperasi di Desember 2021.

"Saya makin semangat lihat teman-teman di lapangan kerjanya semangat, apalagi kerja sama dari China-Indonesia. Semua masyarakat dilibatkan ini suatu kegembiraan tersendiri. Kita tetap concern menyelesaikan ini 2021 akhir (Desember) sudah beroperasi. Tadi saya bicara dengan teman-teman KCIC nggak masalah kita bisa optimalkan," kata Budi saat meninjau proyek KCJB di Purwakarta, Jawa Barat, Minggu (23/2/2020).

Progres pembangunannya sendiri secara keseluruhan saat ini mencapai 44%. Sementara pembebasan lahan masih menyisakan satu bidang tanah atau mencapai 99,96%.

"Sekarang progres 44%. Pembebasan lahan 99,96%. Tinggal satu saja di Bandung lagi proses konsinyasi," sebutnya.

Perlu diketahui, dalam proyek KCJB terdapat 13 tunnel atau terowongan. Pengerjaan terowongan dilakukan secara bersamaan sehingga secara fisik 13 terowongan sudah terbentuk.

Direktur Utama (Dirut) PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) Chandra Dwiputra mengatakan, tunnel 4 yang dikunjungi oleh Budi Karya memiliki panjang sekitar 1.395 m, pengerjaan tunnel dilakukan secara dua arah.

"Tunnel 4 ini panjangnya 1.395 m dikerjakan dari kedua arah. Outlet (jalan keluar yang sudah selesai) 293 m, inlet (jalan masuk) 130-an m," kata Chandra di lokasi yang sama.

Chandra menjelaskan, dari 13 terowongan yang ada baru 1 terowongan yang sudah tembus atau selesai. Terowongan itu terletak di Walini, Jawa Barat.

"Di Walini sudah tembus 685 m. Mudah-mudahan semester I ada 2 terowongan lagi (yang selesai) itu terowongan 3 dan 5," pungkasnya.

Apakah virus corona ganggu pembangunan proyek KCJB?

Siap-siap! Kereta Cepat JKT-BDG Kelar Tahun Depan


Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com