Gawat! Luhut Bilang Proyek Kereta Cepat JKT-BDG Molor Gegara Corona

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 26 Feb 2020 05:28 WIB
Menhub Tinjau Proyek Kereta Cepat JKT-BDG
Foto: Anisa Indraini/detikcom
Jakarta -

Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan bahwa proyek kereta cepat Jakarta-Bandung terancam mengalami perlambatan. Luhut juga mengatakan bisa saja penyelesaiannya mundur.

Perlambatan ini menurutnya disebabkan oleh dampak virus corona yang melemahkan China. Seperti diketahui, kereta cepat Jakarta-Bandung sendiri dibantu China dalam penggarapan proyeknya.

"Suka tidak suka, (virus corona) akan buat perlambatan pada proyek kereta cepat Jakarta-Bandung," ungkap Luhut kala berbincang bersama wartawan di kantornya, bilangan Thamrin, Jakarta Pusat, Selasa (25/2/2020).

Dia menjelaskan proyek ini terhambat karena tenaga kerja utama dari China banyak yang belum bisa kembali dari negaranya. Memang Indonesia sendiri sudah menutup akses untuk penerbangan dari dan menuju China.

Belum lagi, Luhut menjelaskan bahwa bahan baku kereta juga terhambat. Dia menjelaskan banyak pabrik bahan baku di China tidak beroperasi.

"Kalau tenaga inti nggak ada, gimana mau kerjain. Mereka kan belum bisa kembali, kemarin lagi pada mudik pas imlek. Termasuk bahan baku masalah juga, mereka kan juga berhenti beroperasi di sana," kata Luhut.

Namun Luhut enggan bicara mengenai berapa lama perlambatan proyek ini terjadi. Yang jelas menurutnya perlambatan akan semakin lama apabila virus corona terus-terusan terjadi dalam jangka waktu panjang.

"Berapa lamanya sesuai dengan virus ini berlangsung. Belum tahu belum berandai. Kami super hati-hati memang bisa tertunda apalagi kalau berkepanjangan," kata Luhut.

Sebelumnya, operator kereta cepat Jakarta-Bandung sendiri pernah mengeluh proyek terhambat gegara virus corona, apa masalahnya?

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Covid-19 di Bali Meningkat, Luhut Batasi Kunjungan Turis"
[Gambas:Video 20detik]