Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 27 Feb 2020 15:00 WIB

Perjalanan Proyek Sodetan Ciliwung yang Kini Mandek

Anisa Indraini - detikFinance
Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melihat proyek pembangunan sodetan yang menghubungkan kawasan Kali Ciliwung menuju Kanal Banjir Timur, Senin (12/10/2015). Proyek tersebut sudah mencapai 54,37 persen dengan total panjang 564 meter dari total pengerjaan sepanjang 1,27 km panjang sodetan yang telah direncanakan. Proyek tersebut dimulai sejak 19 Desember 2013 lalu. Rachman Haryanto/detikcom Proyek Sodetan Ciliwung (Foto: Rachman Haryanto/detikcom)
Jakarta -

Banjir kembali melanda sebagian besar kawasan ibu kota negara DKI Jakarta selasa pagi. Padahal pemerintah sudah punya jurus jitu menangkal banjir yang digagas sejak lama, salah satunya proyek Sodetan Kali Ciliwung.

Sodetan Kali Ciliwung adalah proyek penangkal banjir yang menghubungkan Sungai Ciliwung dengan Kanal Banjir Timur (KBT). Proyek ini bakal mengalirkan limpahan air sungai Ciliwung ke KBT. Namun sayang, pengerjaannya malah mandek tanpa lanjutan. Bagaimana perjalanannya?

Digagas di Era Jokowi

Pada tahun 2013, Joko Widodo yang kala itu masih menjabat Gubernur DKI Jakarta, menggelar rapat bersama Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang kala itu menjabat sebagai Presiden RI.

Rapat yang digelar di posko penampungan banjir di GOR Otista, Jakarta Timur, awal 2013 itu menyepakati proyek penanggulangan banjir jakarta Sodetan Kali Ciliwung.

Dalam rapat tersebut juga menyepakati bahwa proyek tersebut bakal dikerjakan keroyoka antara pemerintah pusat dan daerah. Pembagian tugasnya, pemerintah pusat lewat Kementerian PU (saat ini PUPR) melakukan pembangunan infrastrukturnya, sementara Pemprov DKI Jakarta menangani masalah pembebasan lahannya.

Pekerjaan fisik pun dimulai pada tahun yang sama. Dimulai dari sisi outlet atau tempat keluarnya air di kawasan Kebon Nanas, Jakarta Timur.

Bagaimana kelanjutan proyek setelah Jokowi jadi Presiden? Buka halaman selanjutnya.

Perjalanan Proyek Sodetan Ciliwung yang Kini Mandek


Selanjutnya
Halaman
1 2 3
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com