Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Mar 2020 07:00 WIB

Rumah Sakit Khusus Corona Akan Berdiri di Pulau Galang

Danang Sugianto - detikFinance
Banyaknya jumlah orang yang postif virus corona di Wuhan membuat sejumlah lokasi disulap jadi rumah sakit darurat. Yuk, lihat aktivitas para pasien di rs itu. Foto: Chinatopix via AP Photo. Ilustrasi RS tangani corona
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) ingin menambah tempat fasilitas khusus penanganan pasien virus corona. Tujuannya agar menambah alternatif dari tempat penanganan virus corona yang ada.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Jokowi ingin adanya rumah sakit (RS) khusus virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau.

"Mau dibikin di Pulau Galang di Batam. ya RS khusus, nggak tau namanya. Jadi seperti keperluan untuk Natuna dan Sebaru. Kalau ada case itu dibawa ke sana. Nanti Pak Menkes yang operasikan," tuturnya di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (3/3/2020).

Untuk membangun RS khusus virus corona ini, Basuki tadi rapat dengan Panglima TNI, Polri, BIN, Menteri Kesehatan, Menteri Keuangan dan dipimpin oleh Jokowi.

Basuki menjelaskan alasan pulau tersebut dipilih sebagai RS khusus virus Corona lantaran jauh dari keramaian publik. Selain itu aksesnya relatif mudah dengan adanya bandara di Batam.

"Karena transport itu lebih mudah. Kalau di Sebaru kalau malam ombak besar itu susah," tambahnya.

Basuki belum bisa berbicara lebih rinci terkait rencana pembangunan RS tersebut. Minggu ini dirinya akan menyambangi lokasi dengan Panglima TNI. Sebab Jokowi meminta agar RS itu dibangun secepat mungkin.

"Mungkin minggu ini saya ke sana dengan panglima TNI. Kalau Presiden minta start-nya besok, tapi belum tahu, ini kan urgency," tutupnya.

Apa penjelasan Jokowi

Selanjutnya
Halaman
1 2
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com