Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 04 Mar 2020 20:30 WIB

Sempat 'Mati Suri', Jalur KA Cibatu-Garut Diuji Coba Bulan Ini

Trio Hamdani - detikFinance
Reaktivasi jalur KA Cibatu-Garut Reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut/Foto: Hakim Ghani
Jakarta -

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melakukan uji coba penggunaan jalur kereta Cibatu-Garut yang sebelumnya mati suri. Rel tersebut kini sudah direaktivasi atau dihidupkan kembali. Direktur Utama KAI Edi Sukmoro menjelaskan uji coba mulai dilakukan pertengahan bulan ini.

"Pertama bahwa kita memang waktu itu dapat penugasan sehingga kita reaktivasi jalur Cibatu-Garut itu, sekarang sudah done. Mungkin nanti pertengahan bulan ini lah uji coba," kata dia saat berkunjung ke kantor detikcom, Jakarta Rabu (4/3/2020).

Dia menjelaskan ketika jalur tersebut sudah dioperasikan akan memudahkan mobilitas dari Garut menuju Bandung atau sebaliknya, serta Garut ke Jakarta dan sebaliknya.

"Jadi nanti orang Garut ke Bandung bisa langsung, ke Jakarta bisa langsung," sebutnya.


Setidaknya ada empat jalur mati yang dihidupkan kembali, yaitu Cibatu-Garut, Bandung-Ciwidey, Banjar-Pangandaran, dan Rancaekek-Tanjung Sari dengan panjang total 178,8 kilometer (km).

"Untuk yang lainnya kita sedang diskusi terus karena sebenarnya mereaktivasi ini adalah itikad Direktorat Jenderal (Perkeretaapian) bukan oleh KAI. Kami ini operator, tetapi era yang akan datang kalau kereta api (KAI) mampu kenapa tidak," tambahnya.

Pada kesempatan sebelumnya, Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan pada dasarnya reaktivasi tersebut merupakan program nasional pemerintah. Sehingga, pihaknya sebagai perusahaan plat merah mesti turut mendukung.

Ia memaparkan, program tersebut akan dilakukan secara bertahap di seluruh Indonesia dengan tujuan meningkatkan perekonomian daerah dan pariwisata.

"Memang sebenarnya nantinya perlahan, bertahap itu rencana pemerintah mau reaktivasi semua (jalur kereta)," kata dia saat berbincang dengan detikcom seperti yang ditulis Kamis (27/9/2018).



Simak Video "Mau Naik KA Luar Biasa? Ini Tahapan Sebelum Beli Tiket"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com