Follow detikFinance Follow Linkedin
Sabtu, 07 Mar 2020 09:30 WIB

Corona Serang RI, Bandara Jadi Sepi?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Sistem Imigrasi Bandara Ngurah Rai Sempat Alami Gangguan (Angga Riza/detikcom) Foto: Bandara Ngurah Rai (Angga Riza/detikcom)
Jakarta -

Corona (covid-19) yang menyerang Indonesia memberi dampak yang besar bagi aktivitas penerbangan. Ribuan penerbangan dibatalkan karena virus tersebut.

PT Angkasa Pura I (Persero) mencatat sebanyak 12.703 penerbangan periode Januari-Februari 2020 dibatalkan imbas virus corona. Jumlah penerbangan itu ialah penerbangan yang melalui bandara Angkasa Pura I dengan total yang dikelola 15 bandara.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi merinci, penerbangan yang dibatalkan terdiri dari 11.680 penerbangan domestik dan 1.023 penerbangan internasional.

"Dari data statistik kita Januari-Februari saja di 15 bandara yang dikelola AP I ada sekitar 12.703 penerbangan yang di-cancel," katanya di Kementerian BUMN Jakarta, Jumat kemarin (6/3/2020).


Faik mengatakan, sejak wabah corona merebak, ada 35 penerbangan per hari dari China penerbangan yang dibatalkan. Penerbangan itu berasal dari 22 kota China daratan.

Dari China saja, kata Faik, pihaknya kehilangan potensi pendapatan sebesar Rp 48 miliar.

"Dampaknya cukup signifikan kita sudah menghitung dampak finansial loss opportunity dari 35 penerbangan yang di cancel China mainland itu Rp 48 miliar," ujarnya.

Bagaimana Kondisi Bandara AP I? Klik halaman selanjutnya

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Pasien Corona di Mamuju Kabur: Dijemput Petugas, Dilawan Keluarga!"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com