Daftar Tol yang Tarifnya Batal Naik Tahun Ini

Soraya Novika - detikFinance
Rabu, 11 Mar 2020 15:55 WIB
Kenderaan melintas di tol dalam kota, Jakarta, Rabu (6/11/2019). Jika tak ada aral melintang, bulan ini akan ada sejumlah ruas tol yang tarifnya naik. Tol dalam kota adalah salah satu tol yang mengalami kenaikan tarif.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Baru-baru ini, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan bakal menunda penyesuaian tarif tol di tahun 2020. Alasannya karena saat ini kondisi perekonomian saat ini dinilai sedang tidak baik oleh berbagai faktor. Mulai dari gejolak dalam negeri itu sendiri maupun terpengaruh gejolak ekonomi global.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pun angkat suara terkait kebijakan tersebut, Ia membenarkan hal itu sekaligus menjelaskan alasan mengapa penundaan kenaikan tarif tersebut diberlakukan.

"Ini diberlakukan sesuai arahan pak Menteri bahwa situasi ekonomi khususnya daya beli masyarakat kan masih belum stabil, di sisi lain kita juga ingin menjaga investor confident, kepercayaan investasi karena banyak juga perusahaan-perusahaan tol ini yang masuk bursa," ungkap Danang ditemui di Gedung Kementerin PUPR, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Namun demikian, Danang belum bisa memastikan sampai kapan penundaan ini dilakukan. Sebab masih perlu meninjau dampak penundaan kenaikan tarif tol terhadap ekonomi yang sedang tertekan saat ini.

"Belum tahu. Situasi ini kan berubah terus, tapi kita akan evaluasi laporkan terus ke pak Menteri besok kita akan lapor ke beliau lagi bagaimana kondisi market bagaimana kondisi konsumen. Ini yang nanti beliau beri arahan kepada kita kapan itu bisa mulai diberlakukan (kenaikan tarif)," tambahnya.

Lalu, ruas tol mana saja yang ditunda kenaikan tarifnya?

Selanjutnya
Halaman
1 2