Follow detikFinance Follow Linkedin
Kamis, 12 Mar 2020 05:06 WIB

Daftar Lengkap Tarif Tol yang Batal Naik Tahun Ini

Soraya Novika - detikFinance
Jalan tol Palembang-Indralaya, jalan tol pertama di Sumatera Selatan (Sumsel) Ilustrasi Foto: Dok. PT Hutama Karya
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengumumkan bakal menunda penyesuaian tarif tol di tahun 2020. Alasannya karena saat ini kondisi perekonomian saat ini dinilai sedang tidak baik oleh berbagai faktor. Mulai dari gejolak dalam negeri itu sendiri maupun terpengaruh gejolak ekonomi global.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit pun angkat suara terkait kebijakan tersebut, Ia membenarkan hal itu sekaligus menjelaskan alasan mengapa penundaan kenaikan tarif tersebut diberlakukan.

"Ini diberlakukan sesuai arahan pak Menteri bahwa situasi ekonomi khususnya daya beli masyarakat kan masih belum stabil, di sisi lain kita juga ingin menjaga investor confident, kepercayaan investasi karena banyak juga perusahaan-perusahaan tol ini yang masuk bursa," ungkap Danang ditemui di Gedung Kementerin PUPR, Jakarta, Rabu (11/3/2020).

Dengan demikian, Danang belum bisa memastikan sampai kapan penundaan ini dilakukan. Sebab masih perlu meninjau dampak penundaan kenaikan tarif tol terhadap ekonomi yang sedang tertekan saat ini.

Lalu, ruas tol mana saja yang kira-kira ditunda kenaikan tarifnya?


Danang menjabarkan bahwa setidaknya ada lima ruas tol yang batal naik tarifnya tahun ini. Adapun tiga diantaranya ditunda murni mengikuti perkembangan ekonomi saat ini, sedangkan dua lainnya memang sudah ditunda sejak Februari 2020 sebab terganjal masalah perbaikan jalan akibat tertimbun longsor.

"Ada 3 yang sisa tahun 2019, masih belum dan ada 2, kalau yang 2 sejak Februari ini self suspend ya dari Jasa Marga mereka menunda sendiri untuk mengajukan (kenaikan tarif tol) karena masih ada perbaikan longsor di Cipularang," paparnya.

Berikut kelima ruas tol tersebut:

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tarif Baru Tol Jagorawi Resmi Berlaku Hari Ini"
[Gambas:Video 20detik]
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com