Wisma Atlet Siap Jadi RS Darurat Corona Mulai Besok, Begini Kondisinya

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 22 Mar 2020 12:40 WIB
Pemerintah telah menyiapkan infrastruktur untuk penangan Corona atau COVID-19. Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, akan dijadikan rumah sakit darurat dan rumah isolasi pasien.
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono memastikan Rusun Wisma Atlet Kemayoran siap menjadi Rumah Sakit Darurat untuk penanganan virus corona (Covid-19) mulai besok, Senin (23/3).

Mulai Senin nanti, pasien corona sudah bisa ditangani di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.

"Besok Insyaallah kita akan mulai operasinya," kata Basuki dalam konferensi pers di Wisma Atlet yang disiarkan langsung melalui Instagram resmi Kementerian PUPR, Minggu (22/3/2020).

Dia menjelaskan ada beberapa komponen pekerjaan yang dilakukan oleh pihaknya, yaitu pembersihan gedung Wisma Atlet, mengingat bangunan tersebut sudah lama tidak digunakan.

"Ini sudah selesai semua termasuk penyemprotannya kemarin sore 100% sudah selesai," sebutnya.

Selanjutnya adalah sedikit memodifikasi rusun. Pasalnya Wisma Atlet tidak didesain untuk menjadi RS. Oleh karenanya perlu dilakukan penyesuaian.

"Modifikasi sedikit, di lantai 1, 2 dan 3 di Tower 7 ini karena akan dimanfaatkan sebagai rumah sakit darurat. Ada laboratoriumnya, ada farmasinya, ada radiologinya, ICU, semua sudah siap, sudah 100%," jelasnya.

Kementerian PUPR berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan, Sekretariat Kabinet, Kementerian BUMN, TNI/Polri dan BNPB.

"Jadi semua sudah 100%. Tinggal instalasinya ditempatkan di mana, di mana itu diatur siang ini, malam akan gladi resik," tambahnya.



Simak Video "Wakil Pankogasgabpad: Penambahan Pasien Corona DKI Tak Bisa Diprediksi"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)