Dibuka 28 Maret, Progres RS Khusus Corona di Batam Sudah 80%

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 22 Mar 2020 14:00 WIB
Proyek pembangunan Rumah Sakit khusus untuk pasien Corona dimulai. Lokasinya di Pulau Galang, Kota Batam
Foto: Dok. Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta -

Pembangunan rumah sakit khusus penyakit menular yang akan digunakan untuk menangani pasien virus corona di Pulau Galang, Batam, Kepulauan Riau, ditargetkan beroperasi pada 28 Maret mendatang. Saat ini progresnya sudah 80%.

Menurutnya penyiapan rumah sakit yang dilakukan di Pulau Galang serupa dengan Wisma Atlet yang kini disulap menjadi RS Darurat Covid-19.

"Sedikit tentang Pulau Galang, hampir sama komponen pekerjaannya. Jadi Pulau Galang itu kita merehab rumah sakit Vietnam dulu. Sekarang sudah sampai 80%," kata Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono saat konferensi pers di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat, Minggu (22/3/2020).

Basuki menjelaskan pembangunan yang dilakukan di sana meliputi area observasi dan isolasi. Tahap pertama yang akan beroperasi pada 28 Maret ini, ada 400 tempat tidur untuk observasi dan 50 untuk yang isolasi.

Listrik dan ketersediaan air bersih dipastikan oleh Basuki sudah beres dikerjakan. Jadi diyakini pembangunannya akan rampung seperti yang diharapkan. Dia juga menjelaskan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan mengunjungi secara langsung RS Pulau Galang pada 28 Maret nanti.

"Listrik sudah masuk. Air dari embung Pulau Galang sudah masuk. Jadi (instalasi pengolahan air bersih) IPA sudah 100%. Jadi Insyaallah nanti tanggal 28 ditinjau oleh Bapak Presiden, kita sudah siap," tambahnya.

Sebagai informasi, rumah sakit untuk penanganan corona ini mulai dibangun sejak Minggu 8 Maret. Jokowi mengatakan persiapan rumah sakit tersebut akan selesai pekan depan.

"Dan untuk (rumah sakit) Pulau Galang akan selesai dibangun pada Sabtu (28/3)," kata Jokowi dalam konferensi pers di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (20/3/2020).



Simak Video "Dikebut! Pembangunan RS Covid-19 di Pulau Galang Tak Lebih 1 Bulan"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/eds)