Kontraktor Minta Proyek Infrastruktur Disetop Sementara

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Senin, 23 Mar 2020 08:31 WIB
infrastruktur
Foto: shutterstock
Jakarta -

Kontraktor tergabung dalam Asosiasi Kontraktor Indonesia (AKI) mengusulkan agar pemerintah menyetop sementara proyek-proyek infrastruktur. Hal ini dilakukan untuk menangkal penyebaran virus corona atau Covid-19.

Ketua Umum AKI Budi Harto mengatakan, hal tersebut dilakukan untuk melindungi pekerja proyek. Menurutnya, jika pekerja proyek terpapar virus corona, maka penanganan virus akan semakin sulit.

"Saya sebagai Ketua AKI, Asosiasi Kontraktor Indonesia sebaiknya pemerintah juga melakukan instruksi pemberhentian proyek untuk beberapa hari, agar program memutus mata rantai Convid-19 efektif," katanya kepada detikcom, Minggu (21/3/2020).

"Karena kalau Covid-19 ini menyentuh pekerja proyek dan kalangan masyarakat level bawah dikhawatirkan penanganannya akan semakin sulit," tambahnya.

Apalagi, kata dia, karakter pekerja proyek sulit diatur jaraknya. Serta, mereka biasanya hidup di tempat tinggal sementara (mes) yang relatif berdesakan.

Dia melanjutkan, penyetopan ini akan berdampak pada waktu pekerjaan proyek. Meski begitu, ia bilang, untuk proyek jangka panjang bisa dikejar.

"Akibatnya akan molor waktu, tapi proyek-proyek yang panjang saya yakin bisa dikejar," ujarnya.


Tambahnya, proyek yang sebaiknya disetop sementara ialah yang berada di wilayah yang terpapar corona seperti Jakarta.

"Sebaiknya diberhentikan atau slowdown proyek-proyek yang sudah terdampak seperti Jakarta dan sekitarnya, tapi akan lebih efektif kalau lebih luas lagi terutama Jawa," terangnya.

Apa saja yang disetop?

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Per 7 Juli, Pemerintah Periksa 17.816 Spesimen Corona di Indonesia"
[Gambas:Video 20detik]