Follow detikFinance Follow Linkedin
Selasa, 31 Mar 2020 21:52 WIB

Tol Kayu Agung-Palembang Dibuka Gratis Mulai Besok

Raja Adil Siregar - detikFinance
Tol Palembang-Kayu Agung (Raja-detikcom) Foto: Tol Palembang-Kayu Agung (Raja-detikcom)
Palembang -

Ruas tol Kayu Agung-Palembang mulai beroperasi besok tanpa peresmian. Salah satu ruas tol Trans Sumatera sepanjang 33 kilometer (km) ini berlokasi di Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan

"Kita memang tidak ada peresmian. Tetapi langsung operasional dan buka pada Rabu besok (1/4) mulai pukul 07.00 WIB," terang Deputi Pembangunan Tol Palembang-Kayu Agung, Yusuf Rosidi, Selasa (31/3/2020).

Untuk tahap awal tol Kayu Agung-Palembang dibuka untuk umum tanpa tarif alias gratis. Yusuf mengatakan masa gratis biasanya akan berlaku selama dua pekan atau sebulan, tergantung keputusan pemerintah

"Bebas tarif tol sampai keputusan tarif dari kementerian PU atau Kemenhub keluar. Ini biasa 2 minggu hingga satu bulan ke depan biasanya," kata Yusuf.


Untuk konstruksinya sendiri, diakui sudah rampung 100 persen. Namun masih ada pengerjaan finishing di daerah Jejawi, OKI dan ditarget selesai dalam waktu dekat ini.

"Mainroad sudah 100 persen. Kita sudah pasang imbauan dan peringatan berupa spanduk dan papan informasi sepanjang ruas tol. Imbauan berupa pengaturan kecepatan dan sebagainya. Termasuk ya soal standar kecepatan," katanya.

Sementara itu untuk keamanan tol, operator telah memetakan titik-titik tertentu. Untuk titik tersebut telah disiagakan keamanan bekerja sama dengan TNI dan Polri.

"Setelah jalan tol beroperasi, maka untuk perjalanan ke Palembang-Kayu Agung itu bisa ditempuh dalam waktu 20 menit saja dengan kecepatan minimal 60 KM/jam," tutupnya.

Terakhir, terkait penyebaran virus Corona petugas juga akan memeriksa seluruh kendaraan yang melintas. Termasuk para sopir dan penumpang untuk meminimalisir penyebaran virus tersebut.



Simak Video "Sedan Tabrak Truk di Lampung, 4 Orang Tewas"
[Gambas:Video 20detik]
(ras/hns)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com