Follow detikFinance Follow Linkedin
Rabu, 20 Mei 2020 14:04 WIB

Erick Thohir Prioritaskan Proyek di Bawah Rp 14 M ke UKM

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Erick Thohir, Blak-blakan soal strategi Jokowi-Amin di Jawa Barat Menteri BUMN Erick Thohir/Foto: Ari Saputra
Jakarta -

Menteri BUMN Erick Thohir membuka peluang bagi swasta untuk terlibat dalam proyek pemerintah. Baik swasta besar maupun kecil.

"Ada dua hal yang kita lakukan dengan swasta, satu, proyek-proyek strategis yang ada di kementerian tetap kita jalankan, mau tidak mau, pasti kerja sama dengan swasta apakah yang besar, medium atau yang kecil," katanya dalam diskusi virtual, Rabu (20/5/2020).

Khusus untuk yang kecil, Erick mengatakan, saat ini pihaknya tengah memetakan 30 BUMN yang diprioritaskan untuk dikerjasamakan dengan UKM. Dia menuturkan, UKM itu akan masuk pada lelang proyek dengan nilai Rp 2 miliar sampai Rp 14 miliar.

"Untuk kecil kita sudah mapping-kan dari 30 BUMN mana saja yang capex-nya itu nanti harus diprioritaskan kepada UKM yaitu tender Rp 2 miliar sampai Rp 14 miliar, itu kita kan prioritaskan ke sana dengan proses transparan dan terbuka," ujarnya.

Dengan ketentuan tersebut, lanjut Erick, BUMN tidak boleh masuk ke proyek-proyek yang dikerjasamakan dengan UKM tersebut.

"Dan di situ tidak ada lagi BUMN ikut tender, BUMN sama BUMN ikut tender di BUMN padahal barangnya dari swasta juga, itu yang kita tidak mau lagi," ujarnya.

Indonesia Terserah


Simak Video "Erick Thohir Buka-bukaan Rencana Rombak Sarinah"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detikfinance.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com