Pembebasan Lahan Akses Bandara Blora Ditunda, Kenapa?

Febrian Chandra - detikFinance
Jumat, 29 Mei 2020 21:45 WIB
Pendaratan perdana di Bandara Blora
Foto: Arif Syaefudin/detikcom: Pendaratan perdana di Bandara Blora
Blora -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengeluarkan surat edaran Gubernur Jawa Tengah nomor 900/0004367 perihal percepatan penyesuaian APBD tahun 2020. Akibatnya rencana pelaksanaan pengadaan tanah untuk pembangunan dan pengembangan Bandara Ngloram Kabupaten Blora pun tertunda.

Kepala Satpel Bandara Ngloram, Blora Abdul Rozak mengatakan, minggu lalu pihaknya mendapat surat dari Dinas Perhubungan Pemprov Jateng terkait refocusing anggaran untuk penanganan Covid 19, sehingga pembebasan lahan tidak dapat dilaksanakan tahun ini.

"Adapun kegiatan tahun ini kami melanjutkan pembangunan tahun kemarin yakni untuk penyediaan fasilitas sisi udara dan sisi darat," ujar Abdul Rozzaq, kepada detikcom, Jumat (29/05/2020).

"Mohon dukungannya agar Bandara Ngloram cepat beroperasi," Tambahnya.


Saat disinggung terkait rencana kegiatan penyediaan fasilitas sisi udara dan darat, Abdul Rozzaq mengungkapkan sebagian kegiatan dimulai bulan depan.

"Sebagian kegiatan insyaallah akan dimulai bulan depan," tegasnya.

Saat ini, Bandara Ngloram memiliki runway sepanjang 1.200 m x 30 m dan belum memiliki terminal penumpang. Ke depannya, akan dilakukan 4 tahap pengembangan Bandara Ngloram. Tahap pertama runway akan diperluas menjadi 1.400 m x 30 m, apron 84 m x 60 m, serta pembangunan terminal penumpang seluas 240 meter persegi dengan kapasitas lebih dari 50.000 penumpang per tahun.

Sementara itu Kepala Desa Kapuan Hariyono yang wilayah desanya terkena dampak pembangunan untuk akses jalan menuju Bandara Ngloram seluas kurang lebih 2 hektar menjelaskan, bahwa untuk pembebasan lahan sementara ini ditunda.

"Katanya anggarannya untuk penanganan Covid 19.Jadi pembebasan lahan ditunda sampai dengan waktu yang belum bisa ditentukan," ujar Hariyono.



Simak Video "King Air 200 GT Mendarat Mulus, Runway Bandara Blora Lulus Uji"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)