Wow! 4.000 Ha Lahan Disiapkan demi Jaring Investor AS Cabut dari China

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 27 Jun 2020 10:45 WIB
Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo (tengah) bersama (kiri ke kanan) Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Mendagri Tito Karnavian, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri Sosial Juliari Batubara bersiap memberikan keterangan pers seusai rapat kabinet terbatas di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (3/1/2020). Rapat tersebut membahas pencegahan dan penanganan dampak banjir di Jabodetabek dan Banten. ANTARA FOTO/Wahyu Putro A/aww.
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Antara Foto/Wahyu Putro A
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pemerintah sedang menyiapkan lahan seluas 4.000 hektar di Batang, Jawa Tengah. Lahan milik PTPN IX ini akan disulap menjadi kawasan industri.

Basuki mengatakan lahan seluas 4.000 hektar ini nantinya akan menampung para investor Amerika Serikat (AS) yang angkat kaki dari China.

"Kita siapkan 4.000 hektare di Batang, kawasan industri karena mau ada pindahan dari Tiongkok itu kan, yang kemarin kita nggak dapat apa-apa, sekarang kita siapkan 4.000 hektar di Batang di tanah PTPN IX," kata Basuki dalam video conference, Sabtu (27/6/2020).

Lahan seluas 4.000 hektare ini masih belum diketahui akan dibagikan secara gratis kepada para investor atau tidak. Menurut Basuki penyiapan lahan untuk kawasan industri ini menjadi daya tarik bagi investor yang sudah bertumpuk di Vietnam dan Bangladesh.


Lebih lanjut Basuki mengungkapkan, penyediaan lahan seluas 4.000 sempat membuat Presiden Joko Widodo (Jokowi) marah. Namun dirinya tidak menjelaskan secara detail kemarahan orang nomor satu di Indonesia ini.

"Kita kan bersaingnya kan dengan Vietnam, Bangladesh, yang gitu-gitu kan di sana tanah digratiskan. Pak Presiden marah-marah ini PTPN punya jutaan hektar minta 4.000 saja ewel, kita kalah bersaing, ini kan saling bersaing memberikan service," terang Basuki.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2