Apa Kabar Proyek Tol Serang-Panimbang?

Achmad Dwi Afriyadi - detikFinance
Rabu, 01 Jul 2020 16:11 WIB
Proyek jalan tol Serang-Panimbang di Banten sedang dibangun. Targetnya seksi 1 yang meliputi ruas Serang hingga Rangkasbitung rampung pertengahan 2020. Intip yuk proyekya.
Tol Serang-Panimbang/Foto: Wijaya Karya
Jakarta -

Proyek Tol Serang-Panimbang terus dikebut. Seksi I tol ini Serang-Rangkasbitung ditargetkan operasi pertengahan tahun depan.

Direktur Utama PT Wijaya Karya (Persero) Tbk Agung Budi Waskito menjelaskan, tol ini memiliki total panjang 83 kilometer (km). Dari total itu, sepanjang 50 km digarap Wijaya Karya dan sisanya 33 km oleh pemerintah.

"Lahan sudah hampir selesai, lahan itu totalnya sudah dari Serang sampai Lebak sudah 90%, tapi tinggal arah Pandeglang itu masih 70%. Pemaasalahnya yang kita adalah yang 50 km kita sudah kerjakan," ujarnya di Komisi VI DPR Jakarta, Rabu (1/7/2020).

"Seksi I Serang sampai Cileles progres sudah 71%, dan akan mulai operasikan tahun depan pertengahan 2021 untuk Seksi 1 dari Serang sampai Rangkas," tambahnya.

Sementara, dia mengatakan, tol yang menjadi jatah pemerintah atau di Seksi III belum mulai. Dia bilang, Seksi II akan dikerjakan bersamaan dengan Seksi III sehingga bisa lebih efektif.

"Yang VGF ini belum mulai yang 33 km, yang porsinya PUPR, sehingga kalau kami yang Seksi II yang tengah kita mulai sementara Seksi III kita belum mulai tidak efektif. Sehingga kami akan mulai Seksi II kita setelah VGF ditentukan sehingga akan berbarengan Seksi II dan III. Lahan tidak masalah, masalahnya itu saja," paparnya.

Pembebasan lahan pada tol ini sendiri ditalangi perusahaan. Dana talangan yang masih tersisa dan belum dibayar pemerintah sebesar Rp 59 miliar.

"Kami pencairan utang pemerintah juga tinggal Rp 59 miliar, artinya berjalan terus," ujarnya.

Sebagai informasi, pekerjaan tol ini sempat dihentikan sementara karena pencegahan penyebaran virus COVID-19. Kemudian, tol ini terdiri dari tiga seksi yakni Seksi 1 Ruas Serang-Rangkasbitung (26,50 km), kemudian Seksi 2 Ruas Rangkasbitung-Cileles (24,17 km) dan Seksi 3 Ruas Cileles-Panimbang (33 km).



Simak Video "Presiden Niger Ingin WIKA Bangun Perumahan di Negerinya"
[Gambas:Video 20detik]
(acd/ara)