Tol Desari Sudah Nyambung Sampai Depok, Kapan Lanjut ke Bogor?

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 03 Jul 2020 14:02 WIB
Tol Desari (Trio Hamdani - detikcom)
Foto: Tol Desari (Trio Hamdani - detikcom)
Jakarta -

Tol Depok-Antasari atau Tol Desari sudah menyambungkan Antasari sampai Brigif untuk Seksi I sepanjang 5,8 km. Sore ini akan dibuka hingga Sawangan, Depok untuk Seksi II sepanjang 6,3 km. Lalu kapan proyek tersebut dilanjutkan hingga Bojong Gede, Bogor untuk Seksi III sepanjang 9,5 km?

Pihak PT Citra Waspphutowa selaku anak usaha dari PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk menjelaskan saat ini untuk Seksi III masih proses pengadaan tanah.

"Seksi III masih dalam proses pengadaan tanah," kata Pemimpin Proyek PT Citra Waspphutowa, Widijanto saat dihubungi detikcom, Jumat (3/7/2020).

Dia tidak ingat secara pasti berapa persen progres pengadaan tanah untuk pembangunan tol Desari Sawangan-Bojong Gede. Tapi perkiraannya sekitar 15-20%.

"Mungkin sekitar 15% mendekati 20% mungkin, saya tepatnya lupa tapi sekitaran itu," sebutnya.

Bila tanah bebas dan tak ada aral melintang, tol akan tersambung hingga ke Bogor pada akhir 2022.

"Ya kalau tanah bebas yang kita harapkan untuk konstruksinya bisa selesai di akhir 2022," tuturnya.

Sebagai informasi nantinya Tol Desari bukan cuma sampai Sawangan, tapi juga akan disambungkan hingga Bojong Gede dalam fase III. Untuk fase III, berdasarkan catatan detikcom sebenarnya direncanakan beroperasi 2020.

Diambil dari data BPJT, total investasi yang digelontorkan dari 3 fase tol Desari ini sebanyak Rp 2,99 triliun. Rp 1,46 triliunnya digunakan untuk konstruksi, Rp 769 miliar untuk pembebasan tanah.



Simak Video "Struktur Terowongan Tol Desari Ambruk, 5 Pekerja Terluka"
[Gambas:Video 20detik]
(toy/zlf)