Penumpang Meningkat, Bandara Kulon Progo Perketat Protokol COVID-19

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Senin, 13 Jul 2020 22:50 WIB
Yogyakarta Internasional Airport
Foto: Pradito Rida Pertana
Yogyakarta -

Jumlah penumpang dan traffic penerbangan di Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo meningkat. Kondisi tersebut membuat pihak Bandara memperketat protokol kesehatan.

"Ya jadi di bandara kita (YIA) sedang ada peningkatan, baik jumlah penumpang maupun traffic," kata pelaksana tugas sementara (PTS) General Manager Bandara YIA, Agus Pandu Purnama kepada wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Senin (13/7/2020).

Secara rinci, Pandu menyebut peningkatan traffic penerbangan meningkat cukup signifikan khususnya saat akhir pekan atau weekend. Hal tersebut juga berpengaruh terhadap meningkatnya jumlah penumpang di YIA.

"Penerbangan sudah meningkat, untuk weekend sampai 40 pergerakan dan untuk hari biasa sekitar 32-36 penerbangan. Hampir seluruh maskapai sudah melaksanakan penerbangan dengan rute tertentu," ujarnya.

"Kalau rata-rata penumpang paling tinggi kemarin sehari 3.500 (orang), jadi kalau rata-rata sehari 3.000 (orang) dan kalau weekend biasanya ada lonjakan sampai 4000 (orang)," lanjut Pandu.

Menurutnya, hal tersebut akan terus meningkat karena tanggal 8 Juli YIA telah menerima penerbangan internasional dari Kuala Lumpur. Bahkan, dalam waktu dekat YIA melayani penerbangan untuk tujuan Singapura.

"Ini bertahap, akan kita buka untuk internasional, bahkan mungkin nanti dari Singapura. Saat ini kita sedang menunggu dari maskapainya siap untuk melaksanakan penerbangan. Yang jelas secara prinsip bandara siap full operation untuk semua rute," ujarnya.

Klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Jokowi Yakin Bandara Baru Yogyakarta Rampung Pertengahan 2020"
[Gambas:Video 20detik]