Pelabuhan Patimban Hampir Rampung, Soft Launching November

Yudha Maulana - detikFinance
Jumat, 07 Agu 2020 17:35 WIB
Pemerintah sedang membagun pelabuhan Patimban di Subang Jawa Barat. Intip yuk proyeknya.
Proyek Pelabuhan Patimban/Foto: Wijaya Karya
Bandung -

Proyek pembangunan tahap I Pelabuhan Patimban hampir rampung atau lebih dari 90 persen. Rencananya, peluncuran awal (soft launching) pelabuhan yang terletak di Kabupaten Subang, Jawa Barat itu dihelat pada awal November 2020.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan pembangunan infrastruktur dalam kawasan Segitiga Rebana ini berjalan relatif cepat. Pemprov Jabar pun, ujar pria yang akrab disapa Kang Emil, itu sudah terlibat sejak penunjukan lokasi (penlok) 2019 lalu.

"Sesuai tupoksi, kami (Pemda Provinsi Jabar) sudah dukung all out. Penlok sudah kami rilis sejak 2019 dan itu sudah selesai. Kemudian kami koordinasi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Subang, kepala desa, dan masyarakat untuk memastikan tidak banyak dinamika dan spekulasi yang merugikan kita semua," ujar Kang Emil dalam rapat bersama Menhub RI Budi Karya Sumadi melalui video conference dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Jumat (7/8/20).

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jabar Hery Antasari mengatakan, pembangunan Tahap I yang sudah mencapai lebih dari 90 persen termasuk di dalamnya reklamasi dan aksesnya.

Selain itu, paling lambat di 2022 Pelabuhan Patimban sudah beroperasi lebih dulu untuk melayani bongkar muat produksi otomotif.

"Secara keseluruhan proses pembangunan pelabuhan ini masih berjalan dengan baik. Tadi dilaporkan oleh teman-teman pelaksana di lapangan, kurang lebih 2021 atau 2022 untuk tahap pertama untuk 250 ribu (produksi) otomotif," ujar Hery.

"Dan sekarang pulau reklamasi untuk pelabuhannya, tahap pertama sudah hadir dan aksesnya juga sudah hampir rampung. Tahap pertama ini persentasenya sudah lebih dari 90 persen," ujarnya.

Langsung klik halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Ratusan Nelayan Geruduk Kantor Desa Patimban Subang!"
[Gambas:Video 20detik]