Sambut HUT RI ke-75, Hutama Karya Optimalkan Layanan di Jalan Tol

Faidah umu Safuroh - detikFinance
Sabtu, 15 Agu 2020 13:43 WIB
HK
Foto: Hutama Karya
Jakarta -

Dalam rangka menyambut HUT RI ke-75, PT Hutama Karya (Persero) ingin mengoptimalkan implementasi pelayanan sesuai standar pelayanan minimum (SPM) guna memberikan kenyamanan dan keamanan bagi pengguna jalan tol yang dikelolanya. Hutama Karya merupakan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yang mengelola Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) dan dua jalan tol lainnya di Pulau Jawa, yakni Tol Jakarta Outer Ring Road Seksi S (JORR-S) dan Tol Akses Tanjung Priok (ATP).

Salah satu upaya yang telah dilakukan Hutama Karya untuk memberikan keamanan bagi pengguna jalan tol yaitu dengan mengampanyekan selamat berkendara di jalan tol melalui kampanye bertajuk Selamat Sampai Tujuan (SETUJU). Kampanye SETUJU ini diluncurkan pada 24 Desember 2019 bertepatan dengan momen Mudik Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2019.

Kampanye SETUJU ini dilakukan untuk meningkatkan pemahaman pengguna tol mengenai cara aman berkendara di jalan tol in a creative way melalui sebuah Buku Saku SETUJU. Direktur Operasi I Hutama Karya Suroto mengatakan Buku Saku SETUJU adalah cara Hutama Karya untuk mengedukasi pengguna tol mengenai berkendara dengan selamat di jalan tol.

"Buku Saku SETUJU merupakan buku saku berbentuk booklet yang berisikan informasi tata tertib berkendara di Jalan tol, fasilitas Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS), peta tol, tarif tol, tempat-tempat terdekat di sekitar seperti rest area, rumah sakit, penginapan dan informasi-informasi lainnya seputar JTTS. Ini merupakan bentuk komitmen kami dalam memastikan kenyamanan dan keselamatan pengguna jalan ketika melintas di tol yang kami kelola mengingat ruas-ruas tol kami memiliki jarak yang cukup panjang," ujarnya dalam keterangan tertulis, Sabtu (15/8/2020).

Lebih lanjut ia menyampaikan Hutama Karya sebagai pelopor Kampanye SETUJU berharap dengan adanya kampanye ini dapat mengedukasi pengguna jalan tol akan pentingnya memprioritaskan keselamatan dengan cara mematuhi tata tertib berkendara di Jalan tol.

"Kami harap dengan kampanye ini, angka kecelakaan di jalan tol khususnya dapat berkurang," tukasnya.

Selain melakukan Kampanye SETUJU secara berkelanjutan, dalam mengoptimasi pencegahan terjadinya kecelakaan dan untuk memberikan pelayanan optimal kepada pengguna jalan tol yang dikelolanya, Hutama Karya juga telah memasang Rumble strip, Rumble dot, dan Lampu Flip-Flop, melakukan himbauan melalui speaker di Gerbang Tol, melakukan patroli malam untuk memberhentikan kendaraan yang terlihat berkendara dengan kurang stabil, dan juga melakukan aksi simpatik dengan membagikan kopi secara gratis kepada pengguna jalan tol agar tetap selalu terjaga dan terhindar dari rasa kantuk.

Dari sisi pelayanan, Hutama Karya menekankan pada penerapan 3S (Senyum, Sapa, Salam) dalam melayani pengguna jalan di seluruh tol yang dikelolanya. Setiap petugas tol Hutama Karya bukan hanya diwajibkan untuk tersenyum, menyapa dan memberikan salam kepada pengguna jalan tol, namun juga diwajibkan untuk memberikan pelayanan sepenuh hati kepada pengguna jalan tol yang dikelolanya.

"3S merupakan standar perilaku yang wajib diterapkan oleh petugas tol yang dikelola oleh Hutama Karya demi memberikan kenyamanan bagi seluruh pengguna jalan tol yang kami kelola." terang Suroto.

Dengan pelayanan terhadap pengguna jalan tersebut, hasil survey kepuasan pelanggan tahun 2019 oleh PT Sucofindo (Persero) (Sucofindo), Customer Satisfaction Index (CSI) dari pengguna jalan tol yang dikelola Hutama Karya meningkat menjadi 89,6% dari yang sebelumnya pada 2018 hanya mencapai 85,4%.

"Dengan kenaikan CSI tersebut diharapkan dapat memacu kinerja kami untuk selalu memberikan kepuasan kepada pengguna jalan tol yang kami kelola terutama di tengah pandemi COVID-19 ini. Kami tetap harus bisa melayani pengguna tol dengan maksimal namun juga dengan tetap menerapkan protokol COVID-19 yang ketat," pungkasnya.

Ia menambahkan pelayanan optimal yang dilakukan Hutama Karya ini juga tidak terlepas dari komitmen perusahaan untuk terus membantu pemerintah dalam menekan angka penyebaran COVID-19. Hutama Karya terus memperketat protokol COVID-19 di seluruh tol yang dikelolanya.

Berbagai aksi simpatik telah dilakukan perusahaan mulai dari pembagian masker, handsanitizer dan tongkat tol kepada pengguna jalan, melakukan pembatasan jumlah personil yang melakukan work from office (wfo), menutup fasilitas top up tunai, melakukan penyemprotan disinfektan secara rutin di gedung kantor, gerbang tol maupun rest area, mewajibkan petugas tol untuk menggunakan APD lengkap (masker, face shield, sarung tangan, manset panjang) dan apabila dalam kondisi mendesak harus menggunakan Mobile Reader (MR), serta melengkapi petugas tol dengan dengan tas pinggang yang berisikan isi Roller MR dan disinfektan untuk menyemprotkan kartu uang elektronik.

Suroto menjelaskan Hutama Karya pada prinsipnya akan terus berupaya untuk memberikan pelayanan yang terbaik di Jalan Tol yang dikelolanya dengan mengutamakan kenyamanan dan keselamatan dari pengguna jalan tol. Hutama Karya juga mengimbau kepada seluruh pengguna jalan agar dapat mematuhi ketentuan dan tata tertib yang berlaku di jalan tol, serta memastikan kecukupan saldo Uang Elektronik (UE) sebelum melintas di jalan tol.

Apabila pengguna jalan lupa untuk mengisi saldo UE, dapat menggunakan aplikasi HK Toll Apps yang dimiliki oleh Hutama Karya. Di dalamnya terdapat fitur Cek Saldo UE dan juga dapat melakukan Top up saldo UE. Serta mematuhi protokol kesehatan yang berlaku, selalu berhati-hati dan tetap menjaga kecepatan berkendara maksimum di rata-rata 60 - 80 km/jam, mengecek kondisi kendaraan sebelum berkendara di jalan tol dan berkendara dalam kondisi prima.



Simak Video "Segera Hadir Penghubung Jalan Baru di Aceh"
[Gambas:Video 20detik]
(akn/hns)