Proyek LRT Jabodebek Dilengkapi Rusun Nempel Stasiun, Apa Untungnya?

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 17 Agu 2020 07:30 WIB
TOD nempel Stasiun LRT Jabodebek
Foto: TOD nempel Stasiun LRT Jabodebek (LRT City)
Jakarta -

Konsep hunian yang terintegrasi dengan sarana transportasi masal atau Transit Oriented Development (TOD) akan menjadi sebuah kebutuhan di wilayah perkotaan.

Kenyataan kota yang padat, harga lahan terus merangkak naik, dan kemacetan menjadi alasan konsep TOD sukses di kota-kota dunia dan ciri tersebut sudah terjadi di perkotaan Indonesia khususnya Jakarta.

Menurut Anton Sitorus, Head of Research Consultancy Savills Indonesia, konsep hunian TOD bisa menjadi jawaban yang tepat untuk kota seperti Jakarta dengan populasi yang besar dan kebutuhan hunian yang terus meningkat sehingga tidak mudah untuk memberikan pasokan hunian dengan percepatan populasi yang terjadi.

"Karena itu konsep TOD menjadi pendekatan yang tepat karena bisa memaksimalkan akses masyarakat ke transportasi publik dan itu yang menjadi nyawa konsep hunian TOD di perkotaan. Pengintegrasian hunian ditambah dengan berbagai fasilitas penunjangnya menjadikan zona TOD itu sebuah kawasan high density development yang cocok untuk perkotaan," katanya.

Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2 3


Simak Video "Asyik! November 2019, LRT Siap Beroprasi"
[Gambas:Video 20detik]