Bukan Baru Sekali, Ini 9 Insiden Proyek Tol Ambruk di RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 16:29 WIB
Tiang girder proyek tol Becakayu ambruk dini hari tadi. Begini penampakkannya.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Konstruksi tol Cibitung-Cilincing ambruk beberapa hari lalu. Insiden ini menambah daftar hitam pekerjaan konstruksi di Indonesia. Kejadian ini pun menimbulkan pertanyaan, khususnya terkait kualitas konstruksi di Tanah Air.

Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gabungan Pelaksana Konstruksi Nasional (Gapensi) Andi Rukman N Karumpa mengatakan, ada sejumlah masalah di bidang jasa konstruksi saat ini. Dia menyebut salah satunya terkait maraknya material impor.

Masalah selanjutnya ialah proses pelelangan proyek, di mana proses lelang ini terdapat ruang untuk menawar proyek dengan harga serendah mungkin. Selain itu ditambah dengan masalah pengawasan keselamatan pekerjaan. Apalagi, pekerjaan konstruksi sebelum adanya Corona sangat dituntut target.

Insiden ambruknya konstruksi tol Cibitung-Cilincing menambah daftar infrastruktur RI yang sering ambruk. Berikut deretan infrastruktur yang pernah ambruk di RI.

1. Tol Cibitung-Cilincing

Kecelakaan konstruksi terjadi pada proyek Tol Cibitung-Cilincing seksi 4. Ambruknya konstruksi terjadi saat melakukan pengecoran pada STA 31+128.

Plt. Sekretaris Perusahaan PT Waskita Beton Precast Tbk Ales Okta Pratama mengatakan pekerja yang terluka sudah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan. Para pekerja juga sudah diperbolehkan pulang.

2. Tol Bocimi

Salah satu proyek tol waskita ini ambruk pada 22 Semptember 2017, pukul 17.30 WIB. Jembatan tol Bocimi ini ambruk dan mengakibatkan satu pekerja bangunan tewas akibat tertimpa runtuhan cor beton badan jembatan. Beberapa korban lainnya mengalami luka-luka.

Penyebab runtuhnya jembatan diduga karena pada saat pelepasan selink crane, penguncinya belum sepenuhnya terpasang sehingga badan jembatan terjatuh dan menimpa tiga pekerja yang ada di bawah.

3. Tol Pasuruan-Probolinggo

Selanjutnya girder atau jembatan beton di proyek tol Pasuruan-Probolinggo, di Desa Cukurgondang, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Konstruksi yang roboh lagi-lagi pada jembatan overpass yang terjadi pada hari Minggu, 29 Oktober 2017 sekitar pukul 09.30 WIB.

Insiden ini menimbulkan korban seorang meninggal dunia, sedangkan dua pekerja terluka.

Buka halaman selanjutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Peluang Usaha Bagi Pemula di Saat Resesi"
[Gambas:Video 20detik]