Bukan Baru Sekali, Ini 9 Insiden Proyek Tol Ambruk di RI

Aulia Damayanti - detikFinance
Senin, 24 Agu 2020 16:29 WIB
Tiang girder proyek tol Becakayu ambruk dini hari tadi. Begini penampakkannya.
Foto: Agung Pambudhy

4. Tol Pemalang-Batang

Kejadian selanjutnya terjadi pada hari Sabtu, tanggal 30 Desember 2017. Kontruksi girder proyek Pembangunan Jalan Tol Pemalang-Batang ambruk.

Saat itu salah satu girder yang sudah berhasil ditaruh di atas bearing pad gagal bersandar ketika ditaruh di sisi lainnya. Alhasil beton girder jatuh. Namun tak ada korban jiwa dalam kejadian ini.

5. Tol Desari

Sebanyak enam girder tol Depok-Antasari (Desari) ambruk lantaran disenggol oleh eskavator yang sedang bekerja. Insiden ini terjadi pada pagi 2 Januari 2018. Ambruknya girder beton dari tol ini diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 2 miliar.

Konstruksi ini juga ambruk kedua kalinya pada Oktober 2019. Kecelakaan terjadi di terowongan di wilayah Krukut, Limo, Depok. Insiden ini mengakibatkan 5 pekerja terluka.

6. Tol Manado-Bitung

Insiden terjadi di proyek Jalan tol Manado-Bitung yang mengakibatkan tiga orang tertimbun material bangunan. Insiden ini terjadi pada April 2018. Sementara disinyalir insiden ini terjadi lantaran kegagalan pemasangan box untuk overpass.

7. Tol Kali Kuto

Cross girder atau struktur baja pada jembatan Kali Kuto proyek tol Batang-Semarang ambruk. pada Jumat malam 13 Juli 2018. Tepatnya sekitar 21:30 WIB. Kejadian bermula saat crane yang mengangkut komponen penggantung permanen jembatan mengalami hentakan.

Saat proses pengangkutan, terjadi masalah pada crane. Ada hentakan selama beberapa detik, akhirnya tali pada crane (sling) putus. Akhirnya, 2 komponen cross girder dari total 20 jatuh ke area sungai di bawahnya.

8. Tol Becakayu

Tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu). Cetakan atau bekisting untuk membuat pierhead atau kepala tiang pancang tol Bekayu ambruk di Jalan DI Panjaitan, Jakarta Timur, ada 20 Februari 2018.

Diduga, tiang tersebut roboh ketika pekerja tengah melakukan pengecoran di atas. Tiang penahan cetakan tersebut tidak kuat menahan beban kemudian ambruk dan menimpa pekerja di bawahnya dan membuat pekerja yang di atas terjatuh.

Korban luka akibat peristiwa tersebut tercatat sebanyak 7 orang dan mengalami luka yang cukup kritis.

9. Proyek BORR

Crane proyek pembangunan tol layang Bogor Out Ring Road (BORR) di Jalan Sholeh Iskandar Kota Bogor jatuh ke jalan raya. Tidak ada korban dalam kejadian tersebut. Namun crane setinggi 8 meter tersebut nyaris menimpa mobil dan motor yang tengah melintas.

Menurut saksi mata, petugas security Universitas Terbuka (UT) Bogor, Suwandi peristiwa yang nyaris merenggut nyawa pengendara tersebut terjadi sekitar pukul 17.00 WIB.

Halaman


Simak Video "Perencana Keuangan: Jangan Ketergantungan THR!"
[Gambas:Video 20detik]

(dna/dna)