Jokowi Baru Resmikan Seksi IV Tol Pertama di Aceh, Sisanya Kapan?

Herdi Alif Alhikam - detikFinance
Selasa, 25 Agu 2020 16:26 WIB
Jalan Tol Tran Sumatera Ruas Sigli - Banda Aceh (Sibanceh) Seksi 4 Indrapuri – Blang Bintang  14 kilometer segera beroperasi. Intip yuk foto-fotonya
Foto: hutama karya
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini baru saja meresmikan Seksi IV tol Banda Aceh-Sigli yang menghubungkan Blang Bintang-Indrapuri sepanjang 14 km. Dengan begitu, jalan tol ini sudah bisa digunakan oleh masyarakat.

Usai seksi IV diresmikan dan bisa digunakan, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan bahwa seksi III yang menghubungkan Indrapuri ke Jantho akan bisa dioperasikan Desember tahun ini.

Seksi III ini memiliki panjang 16 km. Tol Banda Aceh-Sigli sendiri memiliki panjang total 74 km dan terdiri dari 6 seksi.

"Seksi III, simpang susun Jantho akan operasi Desember tahun ini," ujar Danang saat menjelaskan progress jalan tol kepada Jokowi, seperti dilihat dalam siaran langsung di YouTube Sekretariat Presiden, Selasa (25/8/2020).

Sementara itu seksi V Blang Bintang-Kutobaru dan seksi VI Kutobaru-Baitusalam bisa dioperasikan Juni 2021. Sisanya, akan bisa dioperasikan pada Desember 2021.

Danang melanjutkan pembebasan lahan proyek tol pertama di Aceh ini secara rata-rata sudah mencapai 86%. Dia mengatakan semua ruas sudah lebih 60% pembebasan lahannya.

"Untuk progress pekerjaan sendiri dari 74 km, ini sudah bebas 86%. Luar biasa, biasanya kami sulit, tapi di Aceh ini pengadaan lahan cepat. Hampir semua ruas sudah lenih 60% sesi II, III, dan VI mendekati 100%," jelas Danang.

Secara rinci, 6 seksi ruas Banda Aceh-Sigli adalah sebagai berikut. Seksi Tol seksi I Padang Tiji-Seulimum sepanjang 24,3 kilometer, Seksi II Seulimum-Jantho sepanjang 7,6 kilometer, Seksi III Jantho-Indrapuri 16 kilometer.

Kemudian Seksi IV Indrapuri-Blang Bintang sepanjang 14 kilometer, Seksi V Blang Bintang-Kuta Baro sepanjang 7,7 kilometer, dan Seksi VI Kuto Baro-Baitussalam sepanjang 5 kilometer.



Simak Video "Jokowi soal Edhy Prabowo: Kita Hormati Proses Hukum di KPK"
[Gambas:Video 20detik]
(zlf/zlf)