Anies Minta Tol Dibuka untuk Road Bike, Pengamat: Bisa Macet Total!

Soraya Novika - detikFinance
Kamis, 27 Agu 2020 13:02 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memohon izin ke Menteri PUPR agar dibukakan satu ruas jalan tol untuk dilalui sepeda.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajukan permohonan kepada Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk memanfaatkan Jalan Tol Lingkar Dalam Jakarta sisi Barat ruas Cawang-Tanjung Priok sebagai lintasan sepeda untuk road bike.

Permohonan yang diajukan dalam surat tertanggal 11 Agustus 2020 itu didasari oleh peningkatan volume pesepeda setiap minggunya.

Menurut Direktur Eksekutif Institut Studi Transportasi (INSTRAN) Deddy Herlambang bila permohonan tersebut dikabulkan, berisiko menimbulkan kemacetan total di ruas tol tersebut. Lantaran, untuk saat ini saja, tanpa penambahan jalur sepeda, volume capacity ratio (VCR) ruas tol ini sudah sudah mencapai 0,8 pada hari Minggu pukul 09.00 WIB. Volume itu sudah tergolong padat untuk layanan jalan tol.

Kalau VCR mencapai level 1, lalu lintas tol bisa macet total. Nilai 1 tersebut menurunkan Level of service (LoS) jalan tol. Turunnya LoS di jalan tol tersebut tentunya akan mengganggu kinerja operator jalan tol.

"Apabila hal ini diizinkan oleh KemenPUPR, VCR dapat melebihi angka 1 (macet total) karena normal VCR 0,8 berjalan di 4 lajur (2 arah) bila sisi barat ditutup maka tol berjalan hanya di 2 lajur (2 arah)," ujar Deddy dalam rilis yang diterima detikcom, Kamis (27/8/2020).

Deddy juga mengingatkan pihak berkepentingan dari segi keselamatan pengendara. Pemerintah dan pihak berkepentingan wajib belajar dari pengalaman hari bebas kendaraan bermotor (HBKB) di Jalan layang non-tol Antasari.

"Ketika JLNT Antasari itu dibuka ternyata masih banyak pesepeda di jalan layang tersebut, akhirnya banyak kasus tabrakan antara pesepeda dengan kendaraan bermotor terjadi di sana," sambungnya.

Apalagi, kalau skenarionya, lajur sisi barat tol tidak ditutup, sepeda diizinkan melintasi tol berjalan bersama kendaraan bermotor. Keselamatan pesepeda di tol otomatis menjadi begitu mengkhawatirkan.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Waduh! Rombongan Pesepeda Masuk Tol Jagorawi"
[Gambas:Video 20detik]