Besok Jokowi Resmikan Bandara Kulon Progo, Sultan Bilang Begini

Pradito Rida Pertana - detikFinance
Kamis, 27 Agu 2020 17:57 WIB
Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X
Foto: Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (Pradito/detikcom)
Yogyakarta -

Yogyakarta International Airport (YIA) atau Bandara Kulon Progo akan diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) besok, Jumat (28/8/2020). Terkait peresemian itu, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X berharap kegiatan ekonomi di DIY semakin menggeliat.

"Ya sebetulnya tanpa peresmian itu kan memang penerbangan itu juga bertambah ya Seperti (maskapai penerbangan) Garuda kemarin saya baca membuka (rute penerbangan) ke Balikpapan ke Palembang," katanya saat ditemui wartawan di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kecamatan Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (27/8/2020).

Kendati demikian, Ngarsa Dalem meminta penambahan rute penerbangan dari YIA harus dibarengi dengan meningkatnya penerapan protokol kesehatan mencegah penyebaran COVID-19. Meski diakuinya jika DIY telah menerapkan aplikasi untuk mendata pendatang yang masuk ke DIY.

"Bagi saya tidak ada masalah (penerbangan di YIA terus bertambah), yang penting bagaimana mereka pun punya kesadaran untuk melaksanakan protokol kesehatan," ucapnya.

"Tapi lepas dari itu kita kan punya (aplikasi) Jogja Pass, dalam arti untuk memudahkan tracing kalau nanti ada yang positif," imbuhnya.

Selain itu, dengan peresmian YIA dia sangat berharap dapat menggerakkan roda perekonomian di tengah pandemi COVID-19. Dia juga meminta masyarakat jangan takut beraktivitas selama menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

"Ya semoga saja ekonomi masyarakat Yogyakarta makin tumbuh, ya. Sehingga masyarakat kecil mencari sesuap nasi juga lebih mudah, ya. Jangan ditakut-takuti karena Corona sehingga dia tidak mau jualan, kan gitu. Nanti kan lapar semua (kalau tidak jualan)," kata Sultan.



Simak Video "Jokowi Pastikan Bandara Kulon Progo Beroperasi Penuh saat Lebaran"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)