Ini Daftar Jalur MRT hingga LRT Baru yang Mau Dibangun 2021

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Rabu, 02 Sep 2020 14:16 WIB
PT Adhi Karya (Persero) memasang U-Shaped Girder terakhir di jalur kereta LRT Jabodebek. U-Shape Girder itu merupakan yang pertama dan terpanjang di Indonesia.
Foto: Istimewa/Dok. Adhi Karya (Persero)
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan program pembangunan moda perkeretaapian di tahun 2021 di depan komisi V DPR. Menurutnya, program yang paling utama adalah pembangunan jalur kereta Makassar-Pare-pare.

Budi Karya juga menyebut pihaknya akan mempercepat pembangunan moda kereta api sebagai transportasi massal di kota besar.

"Salah satu yang paling besar adalah kereta api Makassar - Pare-pare, kita harapkan tahun depan sudah beroperasi. Di perkotaan, kami pikirkan angkutan massal untuk di Jakarta, Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Semarang dan beberapa kota lainnya," ujar Budi Karya saat rapat bersama anggota Komisi V DPR, Rabu (2/9/2020).

Dalam bahan paparannya, setidaknya ada dua proyek infrastruktur yang jadi prioritas. Pertama adalah pembangunan kereta api Makassar - Pare-pare kemudian ada juga proyek kereta api kecepatan tinggi Jakarta-Semarang dan Jakarta-Bandung.

Sementara itu, untuk pengembangan transportasi perkotaan, khusus di Jabodetabek, dipaparkan Kemenhub akan mengebut pembangunan jalur MRT Utara-Selatan Tahap II, LRT Jabodebek Tahap II (Cibubur-Bogor), hingga penyiapan MRT Timur-Barat.

Kemudian, Kemenhub juga akan mengebut penyelesaian jalur ganda Manggarai-Jatinegara-Bekasi dan elektrifikasi Manggarai-Bekasi-Cikarang tahun depan.

Selain moda kereta api Jabodetabek, Kemenhub juga menyiapkan pembangunan perkeretaapian di beberapa kota lainnya. Berikut ini daftarnya:

METROPOLITAN SURABAYA
1. Pengembangan Angkutan Umum Massal Perkotaan Rel
2. Penyiapan LRT
3. Pengembangan Kereta Api Komuter Metropolitan Surabaya

METROPOLITAN MEDAN
1. Pengembangan/Peningkatan Jalur KA Komuter (Medan-Binjai)
2. Pengembangan Angkutan Umum Massal Perkotaan Berbasis Rel
3. Penyiapan LRT Utara - Selatan

METROPOLITAN BANDUNG
1. Pengembangan Angkutan Umum Massal Perkotaan Rel
2. Penyiapan LRT
3. Pembangunan Jalur Ganda dan Elektrifikasi Kiaracondong-Cicalengka

METROPOLITAN SEMARANG
1. Pengembangan Angkutan Umum Massal Perkotaan Berbasis Rel
2. Penyiapan LRT Utara - Selatan

METROPOLITAN MAKASSAR
1. Pengembangan Angkutan Umum Massal Perkotaan Berbasis Rel
2. Penyiapan KA Perkotaan



Simak Video "Menhub: Transportasi Bukan Hanya Soal Biaya, tapi Juga Dampak Lingkungan"
[Gambas:Video 20detik]
(eds/eds)