Rest Area Tol Medan-Tebing Tinggi Mulai Diisi Pedagang UMKM

Hendra Kusuma - detikFinance
Sabtu, 05 Sep 2020 21:00 WIB
Tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi seksi 1 dari Tanjung Morawa ke Perbarakan bakal tersambung Tol Belawan-Medan-Tanjung Morawa (Belmera) pada April 2018 mendatang.
Foto: Dok PUPR/Ditjen Bina Marga
Jakarta -

Jalan tol ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi sepanjang 61,7 km saat ini sudah tersedia rest area atau tempat peristirahatan sementara yang dibangun dengan bermacam fasilitas di dalamnya. Lokasi rest area baru ini berada di Kilometer 65 yang letaknya di kedua arah, baik arah Tebing Tinggi, maupun arah Medan.

Melansir keterangan resmi BPJT, Sabtu (5/9/2020) kedua rest area tersebut diisi oleh UMKM yang menjual produk dan jajanan lokal, porsinya sebesar 50%.

"Presiden Jokowi berpesan agar keterlibatan UMKM untuk di rest area yang dibangun harus di isi usaha dan produk lokal. Harapan kami dengan dibangunnya jalan tol yang dibangun beserta rest area yang ada dapat memberikan manfaat dalam mendorong perekonomian masyarakat daerah setempat," kata Kepala BPJT Kementerian PUPR, Danang Parikesit.

Masing-masing rest area memiliki luas mencapai 4 hektar. Area ini sudah mulai beroperasi secara bertahap dan dapat dinikmati secara langsung oleh masyarakat yang melintas di jalan tol ini. Adapun fasilitas yang terdapat di tempat peristirahatan tersebut seperti masjid, toilet, SPBU, dan tenant-tenant makanan yang pastinya didukung dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Jalan tol Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (MKTT) merupakan salah satu jalan tol yang ada di Pulau Sumatera bagian Utara yang memiliki panjang 61,7 km. Tol ini menjadi akses penghubung antar wilayah Medan, Tebing Tinggi, Bandar Udara Internasional Kualanamu.

Jalan tol MKTT ini dapat meningkatkan konektivitas guna memperlancar distribusi dan menurunkan biaya logistik barang dan jasa serta mempersingkat waktu tempuh berkendara dari yang sebelumnya cukup lama waktu perjalanan sekitar 2 jam dan setelah adanya jalan tol ini hanya menjadi 45 menit.

Hadirnya jalan tol ini sekaligus menjadi akses penghubung antar destinasi wisata dengan melakukan preservasi dan pelebaran jalan lingkar Pulau Samosir dan ke Kawasan Strategis Nasional (KSPN) Danau Toba. Waktu tempuh dari Medan ke Tebing Tinggi, yang sebelumnya dilalui selama 3 jam dan sekarang hanya 1 jam sobat.

Jalan Tol MKTT terbagi menjadi Seksi I dan II (ruas Medan-Perbarakan-Kualanamu) sepanjang 17,8 kilometer dibangun oleh pemerintah, lalu Seksi III hingga VII (ruas Parbarakan-Tebing Tinggi) sepanjang 43,9 kilometer dibangun oleh PT Jasa Marga Kualanamu Tol.



Simak Video "Malam Ini Arus Lalin di Tol Cikampek Mulai Padat"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/eds)