Apa Kabar Proyek Tol Bocimi, Masih Mangkrak?

Hendra Kusuma - detikFinance
Minggu, 06 Sep 2020 09:50 WIB
Jalan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) seksi I telah diresmikan pada Sabtu (1/12/2018) lalu. Tol sepanjang 15,35 kilometer itu digratiskan selama seminggu.
Foto: Muhammad Abdurrosyid
Jakarta -

Pembangunan tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi) terus dikebut. Hingga saat ini, progres pembangunannya sudah cukup signifikan setelah sekian lama.

Tol Bocimi merupakan salah satu tol mangkrak alias yang telah lama tertunda pembangunannya dan tak kunjung selesai. Investasinya sendiri sudah dilakukan sejak 1997, dan sudah berganti-ganti pula investornya. Baru sejak 2016 ruas ini kembali digenjot pembangunannya.

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR mencatat proyek pembangunan jalan tol Bocimi Seksi 2, yaitu ruas Cigombong-Cibadak saat ini progres konstruksinya telah 58,58%. Jalan tol ini ditargetkan rampung pada pertengahan 2021.

Melansir keterangan resmi BPJT, Sabtu (5/9/2020) jalan tol Ciawi-Sukabumi terbentang 54 km yang terdiri dari 4 Seksi, yaitu Seksi I Ciawi-Cigombong (15,35 km), tol ini sudah beroperasi pada Desember 2018. Kemudian ada Seksi II Cigombong-Cibadak (11,90 Km), Seksi III Cibadak-Sukabumi Barat (13,70 Km) dan Seksi IV Sukabumi Barat-Sukabumi Timur (13,05 Km).

Jalan tol Ciawi-Sukabumi dikelola oleh PT Trans Jabar Tol atau selaku Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Ruas ini diharapkan dapat memperlancar distribusi barang dan jasa, menurunkan biaya logistik, serta mendukung pengembangan potensi ekonomi kawasan Sukabumi dan sekitarnya yang selama ini terhambat akibat keterbatasan aksesibilitas.

Jalan tol Bocimi Seksi 2 dibangun sebagai upaya dalam mendukung kelancaran akses konektivitas kendaraan salah satunya untuk mengurai kemacetan yang kerap terjadi di sekitar wilayah tersebut tepatnya di wilayah utara Sukabumi.

Selanjutnya, kehadiran pembangunan jalan tol ini sekaligus mendukung pengembangan wilayah Sukabumi khususnya pada sektor pariwisata.

Wilayah Sukabumi menyuguhkan banyak tempat wisata yang tidak kalah menarik yaitu mulai dari pantai di Pelabuhan Ratu, Cigunung Suspension Bridge, Geopark Ciletuh, hingga Gunung Gede dan banyak wisata lainnya yang cukup menarik untuk disinggahi.

Kehadiran jalan tol Bocimi Seksi 2 diharapkan juga dapat memangkas waktu perjalanan menuju wilayah Sukabumi seperti akses menuju ke Pelabuhan Ratu nantinya dapat menempuh waktu kurang lebih satu jam. Kemudian jika dari wilayah Jakarta ke Pelabuhan Ratu nantinya hanya menempuh waktu 2,5 jam.

Selain itu, manfaat lainnya yang dirasakan masyarakat setelah dioperasikannya Seksi I jalan tol Bocimi ruas Ciawi-Cigombong juga semakin memangkas waktu perjalanan yang menjadi semakin lebih cepat.

Waktu perjalanan dari Sukabumi baik kabupaten maupun kota yang mengarah ke Ciawi juga dapat menghemat waktu satu sampai dua jam, dan saat ini hanya menjadi sekitar seperempat hingga setengah jam perjalanan saja.



Simak Video "Tol Bocimi Resmi Dioperasikan, Tarif Digratiskan Seminggu"
[Gambas:Video 20detik]
(hek/zlf)