Tol Akses Dibangun, Bandung-Bandara Kertajati Bisa 1 Jam

Bima Bagaskara - detikFinance
Senin, 07 Sep 2020 17:51 WIB
Bandara Kertajati memang belum genap satu tahun beroperasi. Namun, bandara yang terletak di kawasan Majalengka, Jawa Barat, itu nampak sepi penumpang.
Bandara Internasional Jawa Barat/Bandara Kertajati/Foto: Sudirman Wamad
Jakarta -

Tol akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau Bandara Kertajati, yang terkoneksi dengan Tol Cipali, segera dibangun. Pembangunan tersebut ditandai acara grounbreaking yang dihadiri Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) di Kertajati Majalengka pada Senin (7/9/2020).

Menurut Basuki dengan adanya akses tersebut ditambah selesainya pembangunan Tol Cisumdawu pada 2021 nanti akan mempercepat waktu tempuh dari Bandung ke BIJB.

"Kalau Cisumdawu yang menghubungkan Bandung dan akses tol ini (Cipali - BIJB) selesai bersamaan tahun depan pasti aktivitas penerbangan akan lebih hidup, apalagi nanti Bandara Husein akan ditutup," kata Basuki kepada detikcom.

Nantinya, kata Basuki, waktu tempuh dari Bandung menuju BIJB yang tadinya memakan waktu hingga 3 jam, bisa ditempuh hanya dalam waktu 1 jam saja.

Ia pun menyebut jika pembangunan tersebut menunjukan di tengah pandemi COVID-19 ini pembangunan infrastruktur di Indonesia tetap berjalan.

"Ini semua membuktikan bahwa investasi kita masih bisa berjalan dalam kondisi pandemi sekarang ini. Tahun depan Tol Jogja - Solo juga akan mulai dibangun," ucapnya.

Sementara itu, Presiden Direktur PT Lintas Marga Sedaya (ASTRA Tol Cipali) Firdaus Azis menambahkan jika tol akses Cipali BIJB terkoneksi mulai dari KM 158 +700 dengan panjang sekitar 3,7 kilometer.

Penyelesaian tol akses tersebut menurut Azis akan memakan waktu 12 bulan. Namun Ia menargetkan pada bulan Juli 2021 mendatang akses tol itu bisa segera dioperasikan.

"Terkait waktu pelaksanaan sekitar 12 bulan, tapi kami berharap tol akses ini bisa dioperasikan pada saat keberangkatan haji bulan Juli 2021 nanti," pungkas Azis.



Simak Video "Truk Terguling Gegara Hindari Motor di Subang, Lalin Macet"
[Gambas:Video 20detik]
(hns/hns)