Jokowi Sebut Bakal Ada Segitiga Kawasan Ekonomi di Jabar, Apa Itu?

Danang Sugianto - detikFinance
Selasa, 22 Sep 2020 10:08 WIB
Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban (Andhika-detikcom)
Foto: Presiden Jokowi meninjau proyek Pelabuhan Patimban (Andhika-detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali meminta pembangunan Pelabuhan Patimban untuk dipercepat. Sebab dia yakin pelabuhan yang berada di Subang, Jawa Barat itu bisa memberikan dampak terhadap pertumbuhan ekonomi yang signifikan.

Jokowi membahas percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban itu bahkan dalam rapat terbatas (ratas) hari ini secara virtual, Selasa (22/9/2020).

Dia menjelaskan, daerah utara Jawa sudah tersambung dengan jalan tol. Seharusnya hal itu bisa menjadi super koridor ekonomi, sebab fasilitas-fasilitas infrastruktur sudah relatif lebih siap untuk menopang kawasan industri, pariwisata dan sentra-sentra pertanian.

"Oleh sebab itu, dalam rapat terbatas pagi hari ini kita akan percepat Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang Jawa Barat, dan kita harapkan Pelabuhan Patimban ini memiliki peran yang penting dan strategis dalam pertumbuhan dan Perdagangan di wilayah Jawa Barat," ujarnya.

Jokowi berharap, Pelabuhan Patimban nantinya tidak akan menjadi pesaing bagi Pelabuhan Tanjung Priok, melainkan akan menjadi komplementer, atau saling mengisi satu sama lain.

Jokowi juga sebut Pelabuhan Patimban akan melengkapi pembangunan segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Mengisi dua sisi yang sudah terbangun, yakni Bandara Kertajati, serta kawasan industri di Bekasi, Karawang dan Purwakarta.

"Kita harapkan jika Pelabuhan Patimban ini selesai terbangun segitiga kawasan pertumbuhan ekonomi yaitu Pelabuhan Patimban kemudian airport Kertajati dan juga kawasan di Bekasi, Karawang dan Purwakarta," ucapnya.

Dia berharap segitiga kawasan ekonomi itu bisa saling terkoneksi untuk mendukung kegiatan dunia usaha terutama produk-produk ekspor. Terlebih lagi bagi industri otomotif.

"Karena itu sudah beberapa kali menyampaikan juga saat peninjauan di lapangan agar dilakukan percepatan penyelesaian pembangunan Pelabuhan Patimban ini," tutupnya.



Simak Video "Jokowi Minta Pembangunan Pelabuhan Patimban Dikebut"
[Gambas:Video 20detik]
(das/zlf)