Tol Kelapa Gading-Pulo Gebang yang Disinggung Hotman Paris Kelar 2021?

Anisa Indraini - detikFinance
Minggu, 11 Okt 2020 15:46 WIB
Pembangunan Tol Pulo Gebang-Kelapa Gading terus dikebut pengerjaannya. Para pekerja pun tampak sibuk menyelesaikan proyek jalan tol tersebut.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) yakin (pede) bahwa pembangunan tol dalam kota (dalkot) rute Kelapa Gading-Pulo Gebang bisa kelar 2021. Hal itu dikatakan setelah proyek sejak 2017 tersebut disinggung Hotman Paris Hutapea karena tak kunjung selesai.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian PUPR, Danang Parikesit mengatakan progres terkini pembangunan tol Kelapa Gading-Pulo Gebang mencapai 70%. Diharapkan pada kuartal II-2021 bisa selesai.

"Progres per hari ini 70% dan kita confident Q2-2021 bisa selesai untuk Kelapa Gading-Pulo Gebang," kata Danang kepada detikcom, Minggu (11/10/2020).

Danang menjelaskan tingkat kesulitan membangun proyek di wilayah perkotaan seperti tol Kelapa Gading-Pulo Gebang memang sulit. Pasalnya banyak bangunan di sekitar sehingga butuh kehati-hatian dalam setiap pembangunannya.

"Tingkat kesulitan proyek di wilayah perkotaan memang tinggi. Hampir semua proyek infrastruktur di perkotaan harus hati-hati dan prudent (karena) banyak bangunan baik gedung perkantoran, perumahan, utilitas baik yang di atas maupun bawah tanah," sebutnya.

Sebelumnya Hotman Paris melalui akun Instagram miliknya menyampaikan kekesalannya saat sedang melintasi proyek tersebut. Dia bilang proyek yang sudah terlalu lama itu membuat ruko dan halaman di sekitar menjadi rusak.

"Masyarakat sengsara nih rukonya pada halamannya semuanya rusak nih. Bertahun-tahun ini jalan tol yang melewati Kelapa Gading nggak selesai-selesai, bagaimana masa jalan tol terpendek begini sudah bertahun-tahun. Lihat tuh semua ruko orang halamannya sudah sebagian dipakai untuk fasilitas jalan tolnya tapi bertahun-tahun nggak selesai," keluhnya lewat Instagram @hotmanparisofficial.

(dna/dna)