Ridwan Kamil Ogah Pelabuhan Patimban Jadi 'Tanjung Priok Kedua'

Danang Sugianto - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 08:15 WIB
Curhat soal Corona, Ridwan Kamil ngaku pernah dibawa mimpi
Foto: Yudha Maulana
Jakarta -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ingin Pelabuhan Patimban bisa memunculkan kekuatan ekonomi baru di sekitarnya. Dia tak ingin pelabuhan itu seperti Tanjung Priok.

Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Subang, Jawa Barat digadang-gadangkan akan menjadi pelabuhan terbesar di Indonesia. Pelabuhan ini juga dipercaya akan menjadi kekuatan ekonomi baru bagi Indonesia.

Ridwan Kamil mengatakan Pelabuhan Patimban akan menciptakan metropolitan baru. Ada ada sederet pengembangan kota yang mengelilingi pelabuhan yang diberi nama Rebana.

"Berita baiknya nanti di acara West Java Investment Summit di bulan depan kita akan launching 3 kota. Kota futuristik dengan 1 juta orang mengelilingi Patimban," tuturnya dalam acara MarkPlus Government Roundtable Series 2: Pemulihan Ekonomi di Jawa Barat, Kamis (22/10/2020).

Kang Emil menegaskan, pembangunan Pelabuhan Patimban akan sering dengan tumbuhnya kota-kota baru yang mengadopsi industri 4.0. Sebab dirinya tak ingin Pelabuhan Patimban seperti Tanjung Priok yang tidak membawa perubahan kota-kota di sekitarnya.

"Karena kami tidak ingin seperti Tanjung Priok, pelabuhannya berfungsi, tapi sekitarnya tidak. Kita ingin seperti Yokohama, seperti kota pelabuhan modern," tuturnya.

Lalu apa yang dimaksud dengan Metropolitan Rebana?

Selanjutnya
Halaman
1 2