Pemerintah Minta LRT Jabodebek Operasi 2021, Kontraktor Sanggupi 2022

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 23 Okt 2020 10:05 WIB
LRT Jabodebek
Foto: Trio Hamdani
Jakarta -

Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo mengatakan LRT Jabodebek ditarget beroperasi pada akhir 2021. Dia jelaskan, proyek transportasi publik perkotaan ini sudah melalui fase atau tahap uji coba.

"Diharapkan operasi 2021 akhir," kata pria yang akrab disapa Tiko ini di acara HSBC Economic Forum yang bertajuk Orchestrating the next move: Transforming Indonesia into Asia's next supply chain hub secara virtual, Rabu (16/9/2020).

Namun kabar terbaru dari pihak kontraktor, PT Adhi Karya (Persero) Tbk, LRT Jabodebek bakal beroperasi Juli 2022.

"COD-nya (tanggal beroperasi secara komersial) di awal Juli 2022," kata Direktur Operasi II Adhi Karya, Pundjung Setya Brata melalui pesan singkat kepada detikcom, Jumat (23/10/2020).

Dia menjelaskan, untuk fisik dan system completion memang akan rampung pada Oktober 2021, dan fisik yang bersifat heavy maintenance selesai di Desember 2021.

Namun masih ada proses-proses yang harus dilaksanakan sebelum LRT Jabodebek benar-benar beroperasi secara komersial alias mulai mengangkat penumpang.

"Setelah itu dibutuhkan testing Commisioning GoA 0 dan 3 untuk keseluruhan lintas dan trial operation dengan total durasi 8 bulan setelah system completion sehingga Commercial Operation Date di awal Juli 2022," jelasnya.

Sebagai informasi GoA atau Grade of Automation adalah tingkat otomatisasi. GoA level 3 artinya kereta beroperasi, bergerak dan berhenti secara otomatis tanpa driver, namun tetap ada train attendant pada operasi penutupan pintu dan gangguan.

(toy/fdl)