10 Ruas Jalan yang Bakal Macet Saat Long Weekend

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Sabtu, 24 Okt 2020 09:00 WIB
Hujan mengguyur wilayah DKI Jakarta, Senin (19/10/2020). Akibatnya, kemacetan pun terjadi di sejumlah titik kawasan Ibu Kota. Berikut potretnya.
Foto: Rifkianto Nugroho
Jakarta -

Badan Pengelola Transportasi Jakarta (BPTJ) memprediksi akan ada titik kemacetan dan kepadatan orang selama libur panjang Maulid Nabi akhir bulan ini di Jakarta dan sekitarnya.

Kepala BPTJ Polana Pramesti menyebutkan bahwa kepadatan akan terjadi di beberapa tempat wisata. Dia juga mengungkapkan ada 10 ruas jalan yang berpotensi mengalami kepadatan, bahkan kemacetan.

"Ini ada potensi keramaian dan ada potensi kemacetan di sekitar Jabodetabek selama libur panjang. Ada beberapa tempat wisata dan jalan yang berpotensi macet," ujar Polana dalam konferensi pers virtual, Jumat (23/10/2020).

Sementara itu, dari prediksi Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi akan ada 622.039 kendaraan yang keluar Jakarta selama libur lebaran di akhir bulan Oktober. Jumlah tepatnya diprediksi naik 21,7% dari arus lalu lintas normal.

Dari total prediksi kendaraan yang akan keluar Jakarta, sekitar 23,5% akan berpergian di sekitar Jabodetabek. Paling banyak masyarakat Jakarta akan berpergian ke arah timur, yang diprediksi mencapai 48,1%.

Dari paparan Polana sendiri, ada lima tempat wisata yang berpotensi dipadati masyarakat. Mulai dari Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, Taman Margasatwa Ragunan, Taman Wisata Matahari, dan Taman Safari Indonesia.

Lalu di mana saja 10 ruas jalan yang berpotensi mengalami kemacetan? Berikut ini daftarnya.
1. Simpang Sentral Grosir Cikarang (SGC)
2. Simpang Exit Tol Cibitung
3. Simpang Bekasi Cyber Park (BCP)
4. SimpangSusun Cikunir
5. Exit Tol Cibubur
6. Pasar Cisarua Bogor
7. Simpang Masjid Megamendung
8. Exit Tol Ciawi Simpang Gadog
9. Simpang Susun Tomang
10. Simpang Susun Meruya Kembangan.

(fdl/fdl)