Bertahan Ala Bandara Kertajati: Matikan AC hingga Jasa Foto Prewedding 

Sylke Febrina Laucereno - detikFinance
Senin, 02 Nov 2020 11:38 WIB
Bandara Kertajati sudah beroperasi sejak beberapa bulan lalu. Yuk lihat dari dekat berbagai sisi bandara ini.
Foto: Rachman Haryanto
Jakarta -

Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) atau yang juga dikenal dengan sebutan Bandara Kertajati melakukan sejumlah penghematan di masa pandemi COVID-19. Baru-baru ini, pengelola bandara yang ada di Kabupaten Majalengka tersebut mengambil langkah penghematan demi tetap bertahan di tengah pandemi COVID-19 dan new normal.

Inisiatif penghematan dilakukan untuk menindaklanjuti arahan Biro BUMD dan Investasi Jawa Barat yang meminta agar badan usaha milik Provinsi Jawa Barat untuk melakukan efisiensi. Misalnya melakukan penghematan dengan mematikan AC dan lampu saat operasional penerbangan berhenti atau jam operasional bandara sudah berkurang.

Bahkan jauh sebelum pandemi, sejak 2019 lalu bandara di Jawa Barat ini sudah melakukan efisiensi, yakni dengan cara mematikan listrik jika tidak ada penerbangan. Dari catatan detikcom, pada April 2019 BIJB melakukan penghematan biaya listrik dengan mematikan AC di dalam terminal bila tak ada penerbangan. Hal ini disebut bisa menekan biaya hingga Rp 700 juta.

Selain hemat listrik, masalah kebersihan juga jadi cara bandara berhemat. Karena tidak akan menjadi beban operasional.

Nah pada 2020, saat industri maskapai dihantam badai Corona, Bandara Kertajati juga banting setir dengan menyediakan tempat untuk foto prewedding.

Dari laman Facebook resmi PT Bandarudara Internasional Jawa Barat, pada unggahan 28 Oktober 2020 diumumkan jika BIJB menyediakan tempat foto berlatar belakang suasana Bandara Internasional Kertajati.

Selanjutnya
Halaman
1 2