Penyelenggara MotoGP Indonesia: Sirkuit Mandalika Bukan Cadangan

Vadhia Lidyana - detikFinance
Sabtu, 07 Nov 2020 13:30 WIB
Sirkuit Mandalika
Foto: Dok. MGPA
Jakarta -

Dorna Sports telah merilis jadwal sementara MotoGP 2021. Dalam jadwal itu, sirkuit MotoGP Mandalika, Indonesia masuk dalam daftar reserve venue dan berstatus subject to homologation (homologasi).

Menanggapi itu, Mandalika Grand Prix Association (MGPA) selaku penyelenggara MotoGP Indonesia di Mandalika menjelaskan, arti dari reserve venue itu adalah hak istimewa bagi Indonesia yang bisa memilih tanggal pelaksanaan balapan.

"Apakah itu di Oktober, atau November, terserah Indonesia. Tapi tergantung juga jalur logistik distribusi Dorna, itu kan ada dari Motegi (Jepang), turun ke Buriram (Thailand), lalu bisa ke Indonesia, dari Indonesia bisa masuk ke Phillip Island (Australia), lalu naik ke atas Sepang (Malaysia), baru ke Valencia," ungkap Chief Strategic and Communication Officer MGPA Happy Harinto kepada detikcom, Sabtu (7/11/2020).

Adapun maksud dari homologasi sendiri, Happy menegaskan bahwa itu bukan berarti cadangan. Melainkan, daftar dari ketentuan dan spesifikasi yang wajib dipenuhi untuk menyelenggarakan MotoGP 2021 di Mandalika.

"Intinya adalah kesempatan itu yang kita manfaatkan. Reserve date adalah seperti itu, bukan berarti cadangan, pengertiannya bukan itu. Bagaimana subject to homologation? Ini namanya sirkuit baru pertama, dari tanah coba bayangkan, ini baru pertama kali mau ngadain balapan. Tentunya homologasi itu dibutuhkan," terang Happy.

Di dalam homologasi dari Dorna, ada beberapa ketentuan yang ditetapkan mulai dari rincian spesifikasi aspal untuk sirkuit, bahan-bahan yang digunakan, teknik pengerjaannya, dan sebagainya.

"Kami setiap hari tektok dengan Dorna. Dan semua yang dikerjakan juga berdasarkan standardisasi Federasi Sepeda Motor Internasional (FIM)," tegasnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2