Mantap! Pelabuhan Patimban Sudah Bisa Digunakan Bulan Depan

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 15:18 WIB
Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) tengah menyelesaikan pembangunan Bendungan Sadawarna untuk memasok air baku sebesar 4.50 m3/detik untuk Kawasan Pelabuhan Patimban dan Pantura Jawa Barat, khususnya Kabupaten Subang, Indramayu, dan Sumedang.
Foto: Istimewa/Kementerian PUPR
Jakarta -

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menyatakan Pelabuhan Patimban akan mulai bisa digunakan mulai bulan Desember mendatang.

"Saat ini Patimban akan selesaikan pekerjaannya, Desember akan bisa digunakan," ujar Budi Karya dalam acara Dialog Publik Pelabuhan Patimban secara virtual, Senin (16/11/2020).

Budi Karya menjelaskan Desember nanti ada dua fasilitas di Pelabuhan Patimban yang sudah selesai dan bisa digunakan. Pertama fasilitas peti kemas seluas 35 hektar dengan kapasitas 250 ribu TEUS yang sudah selesai dibangun pada fase I tahap I.

Kemudian yang paling utama adalah fasilitas dermaga pengiriman kendaraan bermotor. Luasnya ada 25 hektar dengan kapasitas 218 ribu CBU.

"Mulai dari peti kemas sebanyak 35 hektar, atau kapasitas 250 ribu TEUS per tahun. Lalu, untuk dermaga kendaraan seluas 25 hektar dengan kapasitas mobil 218 ribu CBU," ujar Budi Karya.

Dia mengungkapkan pelabuhan ini sangat penting bagi industri di Jawa Barat, khususnya industri otomotif. Pasalnya, untuk melakukan pengiriman kendaraan bermotor misalnya, pelaku industri tak mesti jauh-jauh lagi menuju ke Tanjung Priok.

"Industri otomotif ini sarat di Karawang dan sekitarnya, dengan Patimban pasti memberikan kemudahan industri otomotif. Ini jelas berikan pergerakan baru untuk dunia logistik, yang tadinya harus jauh-jauh ke Priok, memakan waktu panjang," ujar Budi Karya.

(dna/dna)