8 Bendungan hingga Embung Siap Diresmikan Akhir Tahun

Anisa Indraini - detikFinance
Senin, 16 Nov 2020 17:17 WIB
Basuki Hadimuljono
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono/Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan ada 8 infrastruktur sumber daya air (SDA) yang sudah selesai dibangun. Semuanya siap diresmikan bertahap sampai akhir tahun ini.

"Infrastruktur yang selesai dan siap diresmikan tahun 2020 untuk bidang sumber daya air itu 8 bendungan," kata Basuki saat rapat kerja dengan Komisi V DPR RI, Jakarta Pusat, Senin (16/11/2020).

Infrastruktur SDA pertama yang siap diresmikan yakni Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan. Pembangunan bendungan ini sudah dikerjakan sejak 2015 dan menelan biaya Rp 1,02 triliun.

"Bendungan Tapin di Kalimantan Selatan ini sudah selesai dan sekarang sedang dalam pengisian waduk. Total tampungnya 56 juta meter kubik. Luas genangan 425 hektare (ha), irigasi 5.472 ha, air baku 0,50 meter kubik per detik, listrik 3,3 megawatt," ucapnya.

Kedua yakni Bendungan Tukul yang terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Bendungan ini bisa menampung 8 juta meter kubik air dan pembangunannya sudah dikerjakan sejak 2013 dengan biaya Rp 916 miliar.

Ketiga, ada Bendungan Napun Gete di Nusa Tenggara Timur (NTT). Untuk membangun bendungan itu telah menelan biaya Rp 884 miliar dengan kapasitas tampung 11 juta meter kubik.

"Kami harapkan di musim hujan ini sudah bisa diisi. Sedangkan sekarang sedang dilakukan perapihan untuk jalan akses masuk ke bendungan," imbuhnya.

Berlanjut ke halaman berikutnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2