Pelabuhan Patimban Rencananya Dilengkapi Kereta

Trio Hamdani - detikFinance
Jumat, 20 Nov 2020 15:49 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI
Jakarta -

Direktur Jenderal Perhubungan Laut Kementerian Perhubungan Agus Purnomo menyebut Pelabuhan Patimban bakal dilengkapi kereta. Nantinya angkutan berbasis rel itu bakal mondar-mandir hingga ke dermaga di pelabuhan yang berlokasi di Subang, Jawa Barat.

"Disiapkan untuk kereta api. Jadi ada jalur kereta api langsung ini nanti akan masuk langsung ke dermaga," kata dia dalam sebuah webinar, Jumat (20/11/2020).

Namun dirinya belum menyebutkan secara rinci titik awal dari rute kereta tersebut. Yang jelas itu akan melengkapi akses Pelabuhan Patimban selain jalan eksisting dan tol yang akan segera dibangun.

"Jadi aksesnya selain tadi jalan yang eksisting, nanti akan ada tol dan kereta api," sebutnya.

Khusus untuk tol, dia menjelaskan panjangnya sekitar 36 kilometer (km). Kata dia, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan segera melakukan groundbreaking pembangunan tol tersebut.

"Jalan tol yang akan dibangun ini nanti sampai dengan pelabuhan, jalan tol ini panjangnya kira-kira 36 kilo. Jadi ini Kementerian PUPR sedang menyiapkan jalan ini, dan Insyaallah dalam waktu nggak lama akan groundbreaking, akan dimulai, dan targetnya adalah tahun 2023 sudah beroperasi," tambahnya.

(toy/hns)