Kementerian PUPR Lelang Dini 1.900 Paket Infrastruktur 2021

Soraya Novika - detikFinance
Selasa, 24 Nov 2020 18:11 WIB
Pembangunan Jalan Tol Cibitung-Cilincing (JTCC) terus dikebut. Saat ini progresnya sudah mencapai 78 persen.
Foto: Agung Pambudhy
Jakarta -

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengungkapkan, kementeriannya sudah memulai lelang dini 1.900 paket kegiatan infrastruktur Tahun Anggaran (TA) 2021. Lelang dini dilakukan untuk mendorong percepatan belanja modal demi mendukung pemulihan ekonomi nasional.

"Untuk tahun 2021 besok ada penerimaan DIPA (Daftar Isian Pelaksana Anggaran) berarti sudah mulai tender dini kita sudah mulai sebulan yang lalu, sudah ada sekitar 1.900 paket yang masuk di SPSE (sistem pengadaan secara elektronik), jadi sudah mulai berjalan," ujar Basuki dalam pembukaan acara Indonesia Infrastucture Week, Selasa (24/11/2020).

Pelelangan dini itu, kata Basuki sebagai wujud komitmennya mempercepat belanja modal dalam rangka mendukung pemulihan ekonomi nasional. Menurut dia, saat ini hanya belanja pemerintah saja yang bisa menopang perekonomian karena investasi belum bertambah dan konsumsi masyarakat masih terbilang rendah.

"Pertumbuhan ekonomi kuartal III, atau mungkin juga kuartal IV ini hanya didukung oleh belanja pemerintah katanya, paling dominannya, karena investasinya belum meningkat, konsumsinya masyarakat juga masih rendah, jadi ternyata belanja pemerintah yang naik 15% pada kuartal III bisa mendongkrak pertumbuhan ekonomi jadi minus 3 itu," paparnya.

Secara keseluruhan, ungkap Basuki, anggaran infrastruktur nasional pada tahun depan akan mencapai Rp 414 triliun. Dari jumlah tersebut, Kementerian PUPR mendapat porsi sepertiganya atau sebesar Rp 149,81 triliun.

Rinciannya, anggaran Rp 149,81 triliun itu sudah dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air sebesar Rp 58,55 triliun, konektivitas sebesar Rp 53,96 triliun, permukiman sebesar Rp 26,56 triliun, dan perumahan sebesar Rp 8,09 triliun.

lanjut ke halaman berikutnya>>>

Selanjutnya
Halaman
1 2