Menhub Targetkan Penataan Stasiun Manggarai Rampung 2022

Trio Hamdani - detikFinance
Minggu, 29 Nov 2020 22:01 WIB
Stasiun Manggarai tengah disiapkan untuk menjadi stasiun sentral di Jakarta. Yuk, lihat perkembangan pembangunan Stasiun Manggarai saat ini.
Penataan Manggarai (Foto: Agung Pambudhy)
Jakarta -

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menargetkan penataan Stasiun Manggarai, Jakarta bakal beres pada 2022 akhir. Nantinya KRL yang keluar-masuk Manggarai maupun kereta bandara bakal memiliki jalurnya masing-masing.

"Kereta bandara kita siapkan stasiun-stasiun sehingga antara Depok Line, Bekasi Line, itu tidak bertumpuk di satu tempat, mereka memiliki line sendiri-sendiri. Itu kita harap akhir 2022 itu akan selesai semuanya," kata dia di kawasan Stasiun LRT Jabodebek Dukuh Atas, Minggu (29/11/2020).

Budi menjelaskan hari ini dirinya melakukan kunjungan ke Manggarai dan melihat bahwa progres penataan berjalan baik. Namun, dirinya minta dilakukan percepatan.

"Manggarai akan menjadi pusat stasiun kereta di Jabodetabek. Artinya, semua jurusan KRL akan bersinggungan di Manggarai. Sebagian besar dari angkutan kereta api menuju keluar Jakarta melalui Manggarai, hanya beberapa saja kita ada di (Stasiun) Senen dan ada yang di Gambir," sebutnya.

Dalam rangka menata Stasiun Manggarai, dia juga menjelaskan akan mengintegrasikannya dengan Transjakarta.

"Nah untuk itu saya minta kepada KAI, para kontraktor untuk melakukan penyelesaian-penyelesaian masalah tanah, percepatan-percepatan pembangunan dan mengkoordinasikan dengan para stakeholder yang ada terutama berkaitan antar moda yang ada di Jakarta, apakah itu antara kereta jarak jauh dan KRL, juga dengan Transjakarta," tambahnya.

(toy/dna)