Bangun Patimban, Menhub: Kita Ingin Ekspor Lebih Besar

Herdi Alif Al Hikam - detikFinance
Senin, 30 Nov 2020 15:38 WIB
Pelabuhan Patimban ditargetkan siap layani kegiatan ekspor-impor mulai Desember 2020 mendatang. Pembangunan pelabuhan itu terus dikebut agar dapat penuhi target
Foto: ANTARA FOTO/RAISAN AL FARISI

Kementerian Perhubungan sendiri akan melakukan table top exercise alias uji coba skema bongkar muat di Pelabuhan Patimban. Uji coba ini dilakukan dengan latihan skema di atas meja.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan hal ini dilakukan untuk merancang komunikasi antara stakeholder di pelabuhan dalam menyiapkan peluncuran terminal kendaraan di Pelabuhan Patimban yang akan dilakukan secara langsung bulan depan.

"Table top dilakukan untuk rancang komunikasi, karena suatu tempat tanpa komunikasi yang baik bisa membuat kita hilang kendali. Apalagi keselamatan yang jadi domain Kemenhub harus jadi satu panglima yang mesti dilakukan," ujar Budi Karya.

Adapun dalam table top exercise ini dilakukan sebuah simulasi bongkar muat kapal untuk ekspor kendaraan. Simulasi ini dilakukan dengan berbagai stakeholder.

Beberapa pemangku kepentingan yang ikut dalam simulasi ini antara lain KSOP Kelas II Patimban, Kapal MV. ABC, Karantina Pelabuhan, Ditjen Imigrasi, Ditjen Bea dan Cukai, Kepanduan, Patimban Radio, KKP, Car Maker, Car Carrier, Shipping Line, Agen, Port Facility Security Officer (PSO) Car Terminal Patimban, serta Ship Security Officer (SSO) MV. ABC.

Adapun Pelabuhan Patimban ini akan bisa digunakan mulai bulan Desember 2020. Penggunaan pertama kali untuk ekspor dan impor kendaraan bermotor.

Halaman

(eds/eds)